Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PDIP Solo Siapkan Pengganti Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Putra/kemenpora.go.id)

Murianews, Solo – Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku sudah mulai menyiapkan kader untuk menggantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo jika putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu ditugaskan maju di Pilgub 2024.

Saat ini, pria yang akrab disapa Rudy itu mengaku memiliki banyak kader yang siap diusung di posisi eksekutif. Hanya saja, kader tersebut masih harus siapkan supaya lebih matang.

Baca: Gibran Siap Maju di Pilgub

”Oh banyak kader di Solo. Sudah mulai disiapkan (pengganti Gibran). Tapi kan masih harus dielus-elus sik,” kata seperti dikutip Solopos.com, Senin (23/1/2023).

Awalnya, Rudy enggan memberikan tanggapannya tentang isu penganti Gibran sebagai Calon Wali Kota Solo tersebut saat diwawancara wartawan di sela kegiatan di Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) Pucangsawit, Jebres, Solo.

Dia beralasan sedang fokus memenangkan kontestasi Pemilu 2024 baik Pilpres maupun Pemilu Legislatif.

”Kalau itu (figur pengganti Gibran dari PDIP Solo) belum mengarah ke sana, target saya memenangkan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dulu. Baru kami mengarah ke pilkada,” ungkap Rudy secara diplomatif.

Baca: Soal Kesiapan Gibran di Pilgub, FX Hadi Rudyatmo: Sudah Tepat

Namun, setelah didesak awak media, dia akhirnya menyatakan PDIP Solo punya banyak kader yang siap diusung di posisi eksekutif.

”Oh banyak kader di Solo. Sudah mulai disiapkan. Tapi kan masih harus dielus-elus sik,” kata dia.

Ungkapan dielus-elus dalam dunia politik bisa ditafsirkan sebagai upaya untuk menyiapkan figur supaya lebih siap dan matang. Langkah itu sudah biasa dilakukan partai politik (parpol) sebelum mengusung sosok tersebut.

Sayang Rudy tidak mau menyebutkan sosok-sosok atau figur yang potensial diusung sebagai calon Wali Kota Solo 2024. Dia beralasan bila nama-nama atau figur itu sudah dibocorkan sedari sekarang tidak akan menjadi kejutan.

Nek tak bocorke saiki, ora surprise suk mben noh (Kalau saya bocorkan sekarang, tidak surprise lagi),” kilahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.