Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bawaslu Jepara Ingatkan Ancaman Ini saat Pemilu 2024

Bawaslu Jepara Ingatkan Ancaman Ini saat Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko memberi pemahaman terkait Pemilu 2024 di Keling Jepara. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jepara – Bawaslu Kabupaten Jepara mengingatkan setidaknya ada tiga ancaman yang terjadi saat Pemilu 2024 nanti. Ketiganya yakni, penyebaran hoaks, politik uang, dan perpecahan akibat isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Itu diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara Sujiantoko saat mengisi kegiatan Pendidikan Politik yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jepara di TPQ Darussalam Bumiharjo, Keling.

’’Ketiga hal itu dapat mempengaruhi kualitas demokrasi. Dan masyarakat harus paham akan itu,’’ katanya, Senin (23/1/2023).

Ia kemudian menjelaskan tiga bahaya tersebut pada masyarakat. Pertama, praktik politik uang. Di mana, praktik ini akan melahirkan pemimpin yang kurang berkompeten dan tak amanah.

Baca: Kini, Lahiran di Rumah Sakit Jepara Langsung dapat Akta Kelahiran

’’Efek jangka panjang daripada Money Politic itu sangat berbahaya. Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) itu imbas dari money politic. Karena mereka merasa membeli suara, jadi aspirasi tidak penting bagi mereka,’’ terangnya.

Kemudian, sebaran berita bohong dan perpecahan akibat isu SARA. Sujiantoko pun meminta masyarakat turut aktif memeriksa kebenaran berita sebelum membagikan ke orang lain.

Ia mengatakan sudah banyak kasus akibat dari berita bohong dan isu SARA. Dampaknya dapat memecah belah masyarakat. Bahkan, sampai timbul kerusuhan.

Sujiantoko pun mewanti-wanti agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dari adanya informasi hoaks maupun isu SARA. Ia mengingatkan pentingnya peran tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menangkal ini.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk ikut menciptakan Pemilu yang aman, damai, dan kondusif. Menurutnya, tugas itu tidak hanya dipikul Bawaslu saja.

’’Karena rakyat sejatinya adalah pengawas. Maka, melawan isu SARA , berita hoaks, money politic penting, agar tercipta Pemilu yang aman, damai, tanpa ekses, berkualitas, berintegritas dan bermartabat,’’ pungkasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.