Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Relokasi Pedagang Sayur Bitingan Kudus ke Pasar Ternak Bisa Permanen

Pasar Bitingan, Kudus, Jawa Tengah. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo tetap akan memantau perkembangan relokasi pedagang pasar sayur Bitingan ke Pasar Ternak Gulang, Mejobo, Kudus di akhir bulan ini. Bila memang tidak ada kendala, maka relokasi akan bersifat permanen dan tidak berubah.

Namun Hartopo juga tidak menutup kemungkinan adanya relokasi yang lebih baik dan lebih strategis lagi untuk pedagang sayur Bitingan.

”Kalau memang nanti ada tempat relokasi yang lebih aman lagi dan lebih bagus lagi tentu akan dipertimbangkan. Tapi untuk sementara di situ (pasar ternak) dulu saja, dilihat perkembangannya,” ucap Hartopo, Senin (23/1/2023).

Dia mengungkapkan, untuk saat ini pasar ternak memang jadi salah satu opsi terbaik untuk relokasi pedagang sayur Bitingan. Mereka akan punya tempat sendiri dan tidak mengganggu muka kota dan tata kotanya.

”Di sana kan mereka tidak buat macet tidak lusuh juga jalanannya, jadi kalau nanti sudah oke ya biar di sana terus saja,” ungkapnya.

Baca: Dispertan Kudus Jamin Tak Ada Gesekan di Relokasi Pedagang Sayur Bitingan

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Agus Setiawan pun memastikan bila pedagang sayur pindah ke sana, tidak akan ada gesekan dengan pedagang ternak. Sejumlah pedagang telah mau berbagi tempat, tepatnya di sisi barat pasar.

”Pedagang ternak juga mengusulkan area barat bisa digunakan untuk berdagang sayur. Sementara di bagian timur untuk pedagang hewan ternak,” pungkasnya.

Relokasi yang dilakukan bisa mempercantik kawasan Pasar Bitingan dan eks Matahari Kudus. Yang kemudian bisa menarik investor untuk memanfaatkan lahan bekas Mal Matahari Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.