Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Seleksi Perangkat Desa di Kudus, Ketua DPRD: Jangan Sampai Ditunda Lagi

Ketua DPRD Kudus Masan. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Masan meminta semua elemen yang terlibat di seleksi pengisian perangkat desa di 90 desa di Kudus untuk lebih meningkatkan kesiapannya. Apalagi seleksi pengisian perangkat ini sudah tinggal beberapa pekan saja.

”Ini sudah tinggal menghitung harian saja, saya minta semuanya harus bergerak secara konkrit. Jangan sampai ditunda lagi,” ujar Masan Senin (23/1/2023).

Masan menilai, ketika nanti terjadi penundaan kembali, ini bisa menjadi preseden buruk dalam penyelenggaraan seleksi perangkat desa di Kudus. Hal ini dinilainya akan berimbas pada kepercayaa publik pada pemerintah.

”Jangan sampai ini terjadi, kami harap segera ada persiapan yang matang agar semuanya juga berjalan lancar,” tegasnya.

Masan sendiri kembali menyoroti kemampuan perguruan tinggi dalam hal penyiapan kapasitas menggelar tes CAT. Mengingat alasan ditundanya seleksi perangkat desa pada 13 Desember 2022 lalu adalah karena hal ini.

”Ini harus dipetakan, kecamatan mana dan mana tesnya di sini dan sini, jangan sampai ada kesalahan komunikasi kembali,” pungkasnya.

Baca: Soal Seleksi Perangkat Desa, Bupati Kudus: Jangan Ngisin-ngisini

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono mengungkapkan, pihaknya telah mengevaluasi penyebab tertundanya seleksi perangkat desa beberapa waktu lalu.

Saat ini, pihaknya yakin jumlah perguruan tinggi yang saat ini bekerja sama dengan Pemkab Kudus bisa mencukupi kuota pelaksanaan seleksi perangkat desa berbasis komputer itu.

Pemkab akan bekerja sama dengan delapan perguruan tinggi. Yakni Universitas Jendral Sudirman (Unsoed), Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag), Universitas Stiekubank (Unisbank), UIN Walisongo Semarang, Universitas Diponegoro (Undip).

Baca: Seleksi Perangkat Desa di Kudus: Delapan Perguruan Tinggi Digandeng

Kemudian Politeknik Negeri Semarang (Polines), Universitas Padjajaran (Undpad), dan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). ”Kami yakin kali ini akan bisa terakomodir semua,” pungkasnya.

Sebelumnya Pemkab Kudus menunda pelaksanaan tes seleksi perangkat desa di 90 desa di Kota Kretek. Jadwal tes yang semula akan berlangsung pada 13 Desember 2022, digeser menjadi tanggal 14 Febuari 2023 mendatang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.