Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ganjar Bocorkan Ciri-Ciri Sekda Karanganyar Terpilih, Ini Katanya

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Karanganyar — Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengaku proses pemilihan Sekda Karangnyar telah rampung. Ia pun membocorkan ciri-ciri Sekda Karanganyar terpilih dari tiga calon yang disodorkan kepadanya.

Ganjar menjelaskan, tahapan wawancara terhadap tiga nama calon Sekda yang disodorkan kepadanya telah diselesaikan. Saat ini tinggal pengumuman yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

”Tiga calon sudah wawancara. Tinggal diumumkan saja. Mau bocorannya, siapa calonnya? Rahasia,” kata Ganjar saat meresmikan rumah dinas Bupati Karanganyar seperti dikutip Solopos.com.

Ganjar menyebut ciri-ciri calon Sekda Karanganyar selain laki-laki, merupakan pejabat yang memulai karier dari Pemkab setempat.

”Umurnya 30 tahun ke atas,” sebutnya.

Ganjar mengatakan dari tiga calon tersebut, telah dipilih satu orang. Pemilihan calon tersebut juga merupakan hasil konsultasi dan diskusi dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Diskusi ini berkaitan dengan kecocokan sekda terpilih.

”Kita bahas bersama. Ya peluang ini dan ini. Cocok salaman. Lalu diputuskan,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono enggan berkomentar terkait hal itu. Saat ditanya wartawan mengenai Gubernur telah menyerahkan nama calon sekda terpilih kepadanya, Yuli sapaan akrabnya mengembalikan pernyataan itu ke Gubernur.

”Tanya Gubernur saja,” pintanya dan meninggalkan wartawan.

Diketahui Panitia Seleksi (Pansel) Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) menetapkan tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar. Selanjutnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono yang akan memilih satu dari tiga kandidat tersebut sebagai Sekda.

Tiga pejabat tersebut di antaranya Kurniadi Maulato yang kini menjabat Kepala Badan Keuangan (BKD). Lalu, Timotius Suryadi yang kini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Terakhir, Yopi Eko Jati Wibowo yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Informasi tersebut disiarkan dalam Pengumuman Nomor 16/Pansel.JPTP.Sekda.Kra/1/2023 tentang Penetapan Hasil Seleksi Secara Terbuka dan Kompetitif Pengisian JPTP Sekda Karanganyar, tertanggal Senin, 9 Januari 2023.

Ketua pansel, Tuhana, mengatakan penetapan tiga calon Sekda berdasarkan posisi tiga besar selama proses seleksi.

”Proses seleksi diawali dari pendaftaran, seleksi administrasi, uji kompetensi, uji gagasan, dan wawancara, maka disaring menjadi tiga besar. Kemudian kami pansel menggelar rapat penetapan secara daring, untuk menentukan tiga besar dari delapan peserta seleksi calon Sekda pada Sabtu [7/1/2023],” ujarnya.

Dengan selesainya penetapan tiga besar calon Sekda tersebut, maka tugas pansel sudah selesai. Proses selanjutnya menjadi domain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar.

”Hasil tersebut sudah kami serahkan kepada Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian melalui Sekda. Dengan demikian tugas pansel untuk menyeleksi para calon sudah selesai. Berikutnya nanti masalah koordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah seterusnya sampai Komisi Aparatur Sipil Negara [KASN] menjadi domain Pemkab,” imbuh Tuhana.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.