Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Warga Kudus Bisa Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua Mulai Besok

Ilustrasi: Salah satu karyawan lansia Sukun Group menjalani vaksinasi booster di sentra vaksinasi KP Sukun Group, beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua. Warga Kudus, Jawa Tengah sudah dapat melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 booster kedua mulai besok, Selasa (24/1/2023).

Diketahui, Kemenkes mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/C/380/2023. Surat edaran tersebut berisi tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi masyarakat umum.

Aniq Fuad, Sub Koordinator Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, mengatakan, vaksinasi Covid-19  booster kedua ditujukan untuk masyarakat umum di atas 18 tahun. Masyarakat tersebut harus sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 booster pertama terlebih dahulu.

”Dimulai besok dan dipersilahkan bagi masyarakat umum di atas 18 tahun,” katanya, Senin (23/1/2023).

Mekanisme vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan di sejumlah fasilitas kesehatan. Seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang sudah ditunjuk.

”Kami sudah koordinasi dengan rumah sakit, semua puskesmas, dan juga klinik untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 booster kedua ini. Silahkan masyarakat untuk memanfaatkannya,” sambungnya.

Baca: Nama Semua Kelenteng di Kudus Berawalan Hok, Ini Artinya

Lebih lanjut, Aniq menambahkan ketersediaan vaksinasi Covid-19 booster kedua saat ini masih banyak. Di gudang DKK Kudus masih terdapat 146 vial vaksin Pfizer.

”Besok (Selasa, red) kami mengambil 5000 dosis vaksin Pfizer. Rencana juga dapat vaksin Indovac, tetapi belum tahu berapa jumlah vaksin Indovacnya,” terangnya.

Perihal Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan beberapa rumah sakit ketika ada KIPI berat.

”Vaksinasi Covid-19 booster kedua ini dapat berfungsi sebagai penguatan imunitas. Karena saat ini berbagai varian Covid-19 mulai muncul,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.