Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Perayaan Imlek di Grobogan

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Perayaan Imlek di Grobogan

Pemilik salah satu toko di Jalan R Suprapto Purwodadi memberi angpao kepada liong usai atraksi dalam perayaan Imlek tahun ini, Minggu (22/1/2023). (Murianews/Istimewa).

Murianews, Grobogan – Kirab barongsai dan liong atau naga dalam rangka Tahun Baru Imlek 2023 digelar di sepanjang Jalan R Suprapto Purwodadi, Grobogan, Jateng, Minggu (22/1/2023). Masyarakat setempat antusias mengiringi kirab sejak awal hingga akhir.

Sebelum kirab, para pemain barongsai dan liong mengawali dengan latihan sekaligus pemanasan di Kelenteng Hok An Bio di Jl Brigjen Katamso No 78 Purwodadi. Mereka kemudian diangkut dengan kendaraan bak terbuka menuju ke Kawasan Simpang Lima Purwodadi.

Baca juga: Sempat Mandek, Pembuat Kue Keranjang di Grobogan Kembali Kena Berkah Imlek

Rombongan barongsai dan liong kemudian menyusuri Jalan R Suprato hingga Kelenteng dengan berjalan kaki. Masyarakat antusias menyaksikan setiap aksi barongsai dan liong.

Sebagaimana tahun-tahun lalu, sebelum datangnya pandemi, sejumlah pemilik toko di sepanjang jalan R Suprapto telah memasang angpao di depan tokonya. Keluarga pemilik toko juga berkumpul di depan toko menyiapkan angpao untuk diberikan ke barongsai dan liong.

Saat hendak menerima angpao, liong akan melakukan atraksi meliuk-liuk layaknya ular naga. Kemudian sambil menundukan kepala, liong mendekati pemilik toko untuk menerima pemberian angpao.

Barongsai pun demikian. Mereka lebih dulu beraksi dengan atraksi sebelum mengambil angpao.

Salah satu pemilik toko Djuntik mengatakan, setiap perayaan Tahun Baru Imlek, tokonya selalu dilewati kirab. Sehingga dia menyiapkan angpao untuk barongsai.

”Iya sudah disiapkan, harapannya yang dilewati barongsai Imlek 2023 ini berkah. Sebagai tanda terima kasih kita memberi angpao,” jelasnya.

Ketua Tri Dharma Purwodadi Budi Wiguna menerangkan, kirab barongsai dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023 dipercaya membawa berkah untuk semua, terutama yang dilewati barongsai dan liong.

Tahun Baru Imlek 2023 ini disebut Tahun Kelinci berunsur air. Menurut Budi, diharapkan warga seperti kelinci yang lincah dalam mencari penghidupan di tahun ini.

”Ya seperti kelinci, kita harus lincah untuk mencari penghidupan, ditambah unsur air yang dipercaya membawa berkah. Sehingga diharapkan jerih payah kita memberikan hasil yang baik,” jelasnya

 

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Dani Agus

Ruangan komen telah ditutup.