Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Tips Aman Menggunakan Charger Handphone di Sepeda Motor

Ketahui Ini Tips Aman Menggunakan Charger Handphone di Sepeda Motor

Foto: Ilustrasi gunakan charger di sepeda motor (federaloil.co.id)

Murianews, Kudus – Bagi pemilik motor keluaran terbaru, pastinya tak asing dengan fitur power charger yang terletak di bagasi depan atau di bawah jok motor. Firur ini memudahkan pengendara untuk mengecas atau mengisi baterai ponsel atau handphone saat dalam perjalanan.

Ponsel dan sepeda motor saat ini sudah jadi kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tak heran jika keberadaan sumber tenaga listrik menjadi sangat diperlukan untuk mengisi daya baterai ponsel agar tetap bisa digunakan.

Kini, keberadaan power outlet pada sepeda motor pun menjadi perlu, supaya pengendara sepeda motor tetap bisa melakukan pengisian daya baterai ponsel meski saat beraktivitas menggunakan sepeda motornya.

Baca juga: Jangan Asal Colok, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Ngecas Handphone

Meski pengisian tenaga baterai jadi lebih mudah, pengendara tetap perlu memperhatikan cara penggunaannya agar sepeda motor dan ponsel tetap awet.

Berikut cara aman mengisi baterai ponsel di motor, seperti dilansir dari federaloil.

Ifan, seorang mekanik khusus kelistrikan dari Jaya Lighting Custom yang berada di wilayah Jl. Setiabudi Graha Raya mengatakan bahwa saat ini lumrah menggunakan charger yang ada di sepeda motor.

Namun begitu menurut Ifan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika menggunakan charging yang biasanya ada di bagian konsol maupun bagasi sepeda motor itu, ini diantaranya:

1. Jangan gunakan kepala charger yang memiliki colokan lebih dari satu agar arus yang masuk kedalam handphone tetap stabil dan tetap bisa maksimal dalam melakukan pengisian daya.

2. Selalu pastikan arus daya stabil, salah satu caranya adalah dengan menyalakan sepeda motor jadi arus yang mengalir ke power charger cenderung lebih stabil.

3. Selalu gunakan perangkat serta kabel charger yang original atau yang memiliki standar keamanan khusus, agar selama mengisi daya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting atau permasalahan di sekitar kelistrikan motor.

4. Selalu ingat untuk mencabut power charger beserta handphone ketika selesai berkendara, selain untuk mencegah kehilangan juga agar ketika mulai berkendara lagi nantinya tidak ada arus listrik yang terbuang secara percuma.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.