Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Makanan dan Minuman yang Bermanfaat sebagai Pembersih Usus

Ini Makanan dan Minuman yang Bermanfaat sebagai Pembersih Usus

Foto: Ilustrasi sayuran (pixabay.com)

Murianews, Kudus – Banyak hal yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Salah satunya adalah kondisi usus yang kurang sehat.

Oleh sebab itu, menjaga agar usus selalu sehat sangat penting dilakukan. Sebab, usus sehat akan berdampak pada kondisi tubuh yang sehat.

Untuk menjaga agar usus sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minumah tertentu. Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang bermanfaat sebagai pembersih usus.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Usus Buntu

Baftar makanan dan minuman yang dapat menjadi pembersih usus, dilansir dari Hellosehat, Sabtu (21/1/2023).

1. Brokoli

Serat dalam sayuran berpotensi untuk membersihkan usus dari racun dan sisa kotoran. Brokoli sebanyak 100 gram mengandung 2,6 gram serat yang membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan.

Brokoli padat zat gizi dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari radikal bebas penyebab berbagai gangguan kesehatan.

2. Psyllium husk

Psyllium husk adalah biji dari tanaman yang bernama plantago ovata, tanaman herbal yang tumbuh di India. Tumbuhan ini kaya serat sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuat obat pencahar. Manfaat lain dari psyllium husk adalah berpotensi menurunkan kolesterol.

Cara mengonsumsinya dengan menuangkan segelas air panas ke dalam semangkuk psyllium husk, lalu diamkan beberapa saat, beri taburan sedikit garam dan santap segera.

3. Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian yang kerap digunakan untuk santapan diet. Pasalnya, 100 gram chia seed mengandung 9,8 gram serat.

Rasa chia seed sendiri cenderung hambar. Untuk mengonsumsinya, Anda perlu merendamnya di dalam susu atau air selama beberapa menit. Anda bisa juga dengan menaburkan chia seed ke dalam makanan lain seperti yoghurt atau oatmeal.

4. Cabai cayenne

Bagi Anda penggemar makanan pedas tetapi tetap ingin pencernaan sehat, cabai cayenne mungkin bisa menjadi pilihan. Cabai cayenne secara ilmiah dikenal sebagai Capsicum annuum, sayuran ini masih satu keluarga dengan tomat, terong, dan kentang.

Cabai cayenne berpotensi menawarkan beberapa manfaat kesehatan, khususnya untuk kesehatan pencernaan. Senyawa pedasnya membantu melancarkan pergerakan usus dalam proses pencernaan.

5. Yoghurt

Makanan yang difermentasi seperti yoghurt mengandung bakteri menguntungkan yang disebut dengan probiotik. Probiotik mengurangi tingkat keasaman pH di usus besar.

Kondisi ini mempercepat pergerakan feses. Jadi, yoghurt bisa menjadi makanan pembersih usus. Beberapa contoh lain makanan kaya probiotik adalah adalah kimci, tape, dan tempe.

6. Jus buah sitrun

Buah memang kaya manfaat bagi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus Anda, antara lain buah-buahan sitrun seperti lemon

Buah sitrun kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi. Campuran jus mengandung beberapa serat dan zat gizi bermanfaat bagi pencernaan.

Terlebih lagi, sebuah penelitian dalam Gastroenterologia hepatologia (2015) menemukan bahwa makanan kaya vitamin C berpotensi jadi pembersih usus besar. Penelitian lain juga menunjukkan kalau konsumsi jus buah dalam jumlah sedang untuk kesehatan mikrobiota (bakteri) usus.

7. Teh kefir

Kefir adalah sejenis tanaman yang dapat dijadikan minuman teh herbal. Seperti yoghurt, kefir merupakan produk yang difermentasi yang mengandung oligosakarida. Oligosakarida adalah karbohidrat kompleks yang menjadi makanan bagi bakteri baik dan menjaga kesehatan mikrobiota usus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, kondisi ini akan menyebabkan penumpukan sisa kotoran dalam usus besar. Rutin minum air putih dapat mendukung pergerakan otot usus yang kemudian membersihkan sisa kotoran. Ada pun penelitian yang menunjukkan khasiat konsumsi air hangat terhadap kebersihan usus.

Penelitian dalam jurnal Gastroenterology nursing (2016) mengamati pemberian air hangat pada pasien yang telah menjalani kolesistektomi laparoskopi (pengangkatan batu empedu).

Penelitian ini dilakukan terhadap 60 pasien selama delapan bulan. Hasil riset menunjukkan bahwa minum air suam-suam kuku berpotensi berpengaruh baik untuk pergerakan usus.

9. Pisang hijau

Pisang hijau mengandung jenis pati resisten yang mirip dengan serat. Pati resisten adalah jenis pati yang tidak dipecah oleh enzim pencernaan di pankreas menjadi gula sederhana setelah 2 jam dikonsumsi.

Makanan ini berpotensi menjadi pembersih usus besar serta meningkatkan kesehatan mikrobiota dalam usus. Kandungan pati resisten juga ditemukan dalam makanan nabati seperti kentang, nasi, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Tujuan utama dari pembersihan usus adalah untuk membersihkan usus besar dari kotoran dan racun yang tertinggal.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa praktik pembersihan usus mungkin berpotensi mengurangi gejala dan risiko kanker usus besar. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis makanan pembersih usus yang cocok untuk kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.