Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Benarkah Bawang Merah Ampuh Menurunkan Panas Demam pada Anak? Ini Penjelasannya

Benarkah Bawang Merah Ampuh Menurunkan Panas Demam pada Anak Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi bawang merah (pasja1000 dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Kondisi demam rentan dialami siapa saja. Tidak hanya orang tua tetapi demam juga kerap dialami oleh anak-anak.

Saat anak demam, tidak sedikit orang tua yang merasa khawatir. Apalagi jika kondisi demam tidak menurun hingga beberapa hari.

Bagi orang tua memang penting memperhatikan kesehatan anaknya. Dengan demikian, jika anak mengalami masalah kesehatan bisa langsung melakukan pertolongan pertama, termasuk ketika mengalami demam.

Baca juga: Ini Cara Mengompres Anak Demam dengan Benar, Ingat Baik-Baik ya!

Dengan memberikan pertolongan pertama maka bisa mencegah sakit yang lebih parah. Namun, pertolongan pertama pada anak yang demam juga harus dilakukan dengan benar.

Demam merupakan keluhan yang umum terjadi, termasuk pada anak-anak. Salah satu cara cara yang dilakukan anak saat demam adalah memgompres untuk menurunkan suhu tubuh anak.

Namun, ada yang perlu diperhatikan saat mengompres ini. Dengan mengompres yang benar maka upaya menurunkan demam bisa sesuai harapan.

Selain itu, ada banyak orang tua yang menggunakan bawang merah buat menurunkan demam pada anak. Benarkah bawang merah bisa

Melansir dari Hellosehat, Sabtu (21/1/2023), bawang merah atau Allium Ascalonicum L merupakan tanaman obat keluarga di Indonesia yang dapat dimanfaatkan karena berpotensi sebagai cara untuk menurunkan panas pada anak.

Menurut laman National Onion Association, bawang merah telah dipercaya menjadi obat alami bagi tubuh sejak tahun 1500-an.

Manfaat bawang merah mampu untuk melebarkan pembuluh darah atau vasodilatasi sehingga suhu panas yang ada di dalam tubuh dapat dengan mudah keluar.

Bukan hanya itu, kandungan senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, dan Alliin yang dimiliki bawang merah diyakini dapat mencegah peningkatan enzim siklooksigenase untuk menghambat pelepasan hormon prostaglandin.

Hormon ini merupakan mediator yang harus hilang untuk menurunkan suhu saat badan anak panas.

Bahkan, sebuah penelitian dalam jurnal Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam, Deliserdang, Sumatera Utara, menyebutkan bahwa kompres dengan bawang merah lebih efektif sebagai cara menurunkan demam anak daripada kompres air hangat.

Mengoleskan bawang merah yang telah dicampur dengan minyak kelapa murni dapat bantu menurunkan suhu tubuh anak yang demam sebesar 3,11 persen, sedangkan kompres air hangat sebesar 1,54 persen.

Bagaimana cara menurunkan panas anak dengan bawang merah?

Bukan hanya bisa jadi bumbu masakan, ternyata bawang merah memiliki banyak nutrisi, termasuk protein dan peptide yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Maka tak heran, jika ada orangtua yang mengandalkan ramuan bawang merah sebagai cara alami penurun demam pada anak.

Adapun beberapa cara menurunkan panas anak dengan bawang merah yang bisa Anda coba di rumah berikut ini.

Mencampur bawang merah dengan minyak

Nah, pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa siung bawang merah yang sudah dikupas. Lalu, berikut langkah-langkah pemberiannya pada anak.

1.Siapkan sebanyak 2—3 siung bawang merah yang telah dikupas kulitnya.

2.Bawang merah dapat diiris, dihaluskan, atau diparut, kemudian dicampur dengan minyak tertentu. Misalnya, minyak kayu putih, minyak telon, minyak atsiri, atau minyak kelapa murni.

3.Setelah dicampur minyak, Anda bisa mengoleskan sambil memijat ringan tubuh anak secara teratur selama demam.

Pemberian minyak dilakukan untuk mengatasi anak yang mungkin tidak menyukai tekstur dan bau bawang merah.

Mengutip Journal of Health Science, mengoleskan bawang merah ke tubuh anak berkhasiat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga perpindahan panas dari tubuh ke kulit dapat terjadi lebih cepat.

Membalurkan saat anak tidur

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan panas anak dengan bawang merah, yakni saat si Kecil tidur.

Sebab, anak akan merasa lebih nyaman dan tidak terganggu dengan bau bawang merah yang menyengat.

Apabila Anda membalurkan bawang merah saat si Kecil tengah beraktivitas, dikhawatirkan dia akan menggosokkan tangannya ke bagian tubuh kemudian memasukkannya ke mulut atau ke mata.

Adakah efek samping menurunkan panas anak dengan bawang merah?

Meski menyembuhkan demam anak dengan bawang merah diyakini oleh kebanyakan orang ampuh, tapi Anda juga perlu sadari ada risiko yang mungkin dapat terjadi.

Mengoleskan bawang merah sangat rawan membuat iritasi kulit anak, apalagi kulit mereka yang masih sensitif. Jika muncul iritasi, pasti dapat mengganggu kenyamanan si Kecil karena merasa nyeri.

Kemungkinan ada efek samping lain yang dapat dialami anak Anda ketika menggunakan bawang merah. Tanyakan kepada dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat.

Cara menurunkan panas anak selain dengan bawang merah

Bukan masalah jika Anda masih ragu dan khawatir akan khasiat bawang merah untuk menurunkan panas pada anak.

Anda bisa mencoba cara lain untuk mengatasi demam anak, di antaranya sebagai berikut.

1.Dorong anak Anda untuk minum banyak cairan, seperti air putih, jus buah, atau susu agar tetap terhidrasi dan menormalkan suhu tubuh.

2.Mandikan atau kompres dengan air hangat dan jangan biarkan anak Anda menggigil kedinginan.

2.Lakukan metode skin to skin sebagai cara alternatif yang cukup ampuh untuk menurunkan demam pada bayi.

Itulah beberapa informasi penting terkait cara menurunkan panas anak dengan bawang merah. Pastikan Anda terus memantau kondisi si Kecil.

Apabila demam pada anak tidak kunjung reda hingga beberapa hari, dan malah disertai dengan gejala lainnya seperti batuk, flu berat, mual, hingga sesak napas segera periksa ke dokter.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.