Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bus Wisata Berpenumpang 21 Orang Asal Kendal Terbakar di Jalan Cepogo-Boyolali

Api membakar bus rombongan asal Kendal di Jalan Cepogo – Boyolali, Sabtu (21/1/2023). Kebakaran terjadi saat mereka akan pulang dari Cepogo Cheese Park. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Murianews, Boyolali – Sebuah bus yang mengangkut 21 orang rombongan wisata asal Kendal terbakar di jalan Cepogo – Boyolali, tepatnya di Winong, Boyolali, Sabtu (21/1/2023) siang. Akibatnya bus bernopol AB 7031 KO tersebut ludes terbakar.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Begitu melihat percikan api, bus langsung berhenti. Puluhan penumpang pun langsung turun dan berhasil selamat.

Salah satu anggota rombongan Falah mengatakan, bus yang terbakar baru saja berwisata dari Cepogo Cheese Park. Saat hendak pulang bus mengalami kebakaran, tepat di depan area pabrik Tupai Boyolali.

Baca: Bus Ziarah Berpenumpang 50 Orang Asal Jepara Kecelakaan di Magelang, Sopir Terjepit

”Tadi pas waktu turun, di depan Pasar Cepogo sudah ada bau sangit. Tapi kami kira itu hal biasa, kan busnya ngerem terus,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com.

Kemudian, di turunan panjang arah Cepogo – Boyolali setelah Pasar Cepogo, bau sangit semakin terasa. Barulah saat tiba di depan area pabrik Tupai Boyolali bagian depan bus mengeluarkan asap. Melihat itu, rombongan pun keluar dari bus untuk menyelamatkan diri.

”Ibu-ibu dan anak-anak kami dahulukan, alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun, ada kerugian material seperti handphone, charger, dan baju-baju. Tiga menit setelah semua penumpang turun, bus itu terbakar,” terangnya.

Total, ada sekitar 21 orang yang menjadi penumpang bus nahas tersebut. Saat ini, rombongan masih menunggu jemputan yang disediakan oleh penyedia bus.

Baca: Minibus L300 di Kudus Terbakar saat Isi Bensin di SPBU

Lebih lanjut, Falah menduga penyebab kebakaran dari kampas rem yang habis lalu panas. Ia pun meminta masyarakat yang habis berkunjung dari arah Cepogo Cheese Park dan turun melewati jalur Solo -Selo – Boyolali (SSB) untuk berhati-hati.

”Jalan turunan selain gigi rendah kan juga menginjak rem terus. Yang lain harus berhati-hati. Cek rem,” ujarnya.

Sementara itu, penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian. Personel kepolisian juga terlihat masih berada di lokasi kejadian untuk mengevakuasi bus yang sudah padam.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.