Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

SMP Swasta di Kudus Mulai Buka PPDB

Gedung SMP NU Al-Ma’ruf Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Sejumlah SMP swasta di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB). Pendaftaran dibuka lebih awal, sebelum sekolah-sekolah negeri menggelar PPDB.

Dari pantauan Murianews sejumlah flyer digital pendaftaran siswa baru oleh sekolah-sekolah swasta di Kudus mulai beredar. Media sosial resmi sekolah, juga sudah mengunggah flyer digital PPDB tersebut.

Beberapa sekolah swasta yang mulai membuka PPDB seperti SMP NU Nawa Kartika, hingga SMP NU Al-Ma’ruf Kudus.

Kepala SMP NU Al-Ma’ruf Miftah membenarkan bahwa sekolahnya telah mulai membuka pendaftaran siswa baru sejak Januari 2023 ini. Proses pendataran PPDB bisa dilakukan melalui online di https://ppdb.smpnualmarufkudus.sch.id/.

”Tahun ini total akan ada sembilan kelas untuk siswa baru. Setiap kelasnya berisi 32 siswa,” katanya, Sabtu, (21/1/2023).

Baca: Puluhan Guru di Kudus Dirotasi Tempat Tugasnya

Ia menjelaskan, SMP NU Al-Ma’ruf Kudus bukan hanya membuka PPDB bagi siswa untuk jalur regular saja. Namun, jalur beasiswa juga dibuka bagi siswa yang memiliki prestasi baik di bidang akademik ataupun nonakademik.

”Kami buka jalur beasiswa bagi siswa berprestasi di bidang apapun bisa tingkat kabupaten, provinsi, nasional, ataupun internasional. Bisa prestasi di bidang mapel, olahraga, seni silahkan mendaftar. Beasiswa bisa berupa pembebasan biaya SPP yang akan dikaji sesuai tingkatan prestasi,” ujarnya.

Dalam PPDB yang sudah dibuka pada awal tahun 2023 di SMP NU Al-Ma’ruf ini, siswa bisa menyertakan fotocopy rapor dari kelas V hingga kelas VI dan persyaratan administrasi kependudukan pendukung.

Sementara, fotocopy Ijazah ataupun SKHU bisa diserahkan ketika proses daftar ulang.

 

Reporter: Yuda Auliya Rajman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.