Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Proyek Tambatan Kapal di Muara Sungai Juwana Pati Diminta Dipercepat

Proyek Tambatan Kapal di Muara Sungai Juwana Pati Diminta Dipercepat

Kapal nelayan menumpuk di muara Sungai Juwana, Pati, Jawa Tengah. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Proyek tambatan kapal di muara Sungai Juwana Pati diminta dipercepat. Itu dilakukan agar parkir kapa di muara Sungai Juwana tak lagi jadi penyebab parahnya banjir di Pati.

Permintaan itu dikemukakan Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin. Ia mendorong proyek pembangunan tambat kapal di muara Sungai Juwana cepat tuntas.

’’Karena parkirnya numpuk. Air jadi tidak lancar mengalir ke muara sehingga ini juga menyumbang sebagai penyebab banjir di wilayah Pati. Kalau bisa tuntas kan kapal bisa parkir di area khusus. Jadi air tidak memenuhi sungai,’’ ujar dia.

Baca: Banjir Mulai Surut, Tentara hingga Relawan Kompak Bersihkan SDN 2 Banjarsari Pati

Namun, permintaan ini tidak bisa cepat terealisasi. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tidak menganggarkan pembangunan ini.

’’Tahun ini memang tidak ada anggarannya sehingga tidak dapat dilanjutkan pembangunannya,’’ lanjut dia.

Diketahui, proyek tambat kapal di muara Sungai Juwana ini digadang-gadang bakal menjadi kawasan industri perikanan. Selain itu, pembangunan tambat kapal juga diharapkan bisa melancarkan arus sungai sehingga banjir di Pati tidak semakin parah.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati, saat ini program pembangunan tambatan kapal baru mencapai 65 persen. Karena tidak ada anggaran, tahun 2023 ini pembangunan tak bisa dilanjutkan.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.