Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Puluhan Guru di Kudus Dirotasi Tempat Tugasnya

Penyerahan SK rotasi guru di Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Puluhan guru dari berbagai tingkat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dirotasi tempat tugasnya. Rotasi atau mutasi yang dilakukan Dinas Pendidikan, Kepemudaan Olahraga, (Disdikpora) Kudus ini, sebagai upaya pemerataan tenaga pendidikan di setiap sekolah.

Kepala Disdikpora Kudus Harjuno Widodo mengatakan, proses mutasi yang dilakukan di semester ini merupakan rotasi antarsekolah, bukan perpindahan ke luar kota. Setidaknya ada 88 guru dari mulai TK, SD, hingga SMP yang dirotasi.

”Untuk penataan dan pemerataan guru di Kudus. SK sudah kami serahkan Rabu (18/1/2023) kemarin. Pemerataan rotasi guru ini sudah melewati sejumlah pertimbangan dan kami sudah mintakan persetujuan pak bupati,” katanya, Sabtu (21/1/2023).

Sementara Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus, Anggun Nugroho merincikan, dari 88 guru yang dirotasi di semeter ini, satu di antaranya merupakan guru TK. Kemudian, ada 82 guru SD, dan 5 guru SMP.

”Rotasi dilakukan sesuai kebutuhan sekolah, untuk pemerataan memang,” ungkapnya.

Baca: Nama Semua Kelenteng di Kudus Berawalan Hok, Ini Artinya

Ia menjelaskan, terkadang ada guru mapel yang sama di satu sekolah, baik guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), ataupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sehingga, memang perlu dilakukan pemerataan.

”Rotasi memang dilakukan di awal semester. Bukan setiap bulan, karena tidak bisa kalau tiap bulan akan mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM),” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.