Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nama Semua Kelenteng di Kudus Berawalan Hok, Ini Artinya

Pejalan kaki melewati Kelenteng Hok Ling Bio di Desa Langgardalem, Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Nama kelenteng di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diawali huruf ”Hok”.  Di Kota Kretek terdapat tiga kelenteng, dan nama kelenteng itu diawali kata ”Hok”.

Tiga kelenteng di Kudus yakni Kelenteng Hok Hien Bio di Jalan Ahmad Yani di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Kemudian Kelenteng Hok Ling Bio yang berada di Jalan Madurekso, Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Satu lagi yakni Kelenteng Hok Tik Bio berada di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Kuo Tjun, Ketua Pembina Kelenteng Hok Hien Bio Kudus mengatakan, dari tiga kelenteng tersebut, Kelenteng Hok Tik Bio memiliki usia yang paling tua.

Kemudian diikuti Kelenteng Hok Ling Bio diurutan usia tertua nomor dua, dan dilanjut dengan Kelenteng Hok Hien Bio dengan usia yang paling muda.

Kuo Tjun menjelaskan, Hok memiliki makna hoki. Hoki juga diartikan sebagai rezeki, keberuntungan, dan kesuksesan.

”Hoki tidak hanya soal materi, melainkan juga tentang kebahagiaan, kesuksesan, dan kebahagiaan,” katanya, Sabtu (21/1/2023).

Baca: Sambut Imlek, Keturunan Tionghoa di Kudus Nyalakan Lilin Jumbo

Kuo Tjun juga menjelaskan makna nama di tiga kelenteng yang ada di Kota Kretek. Nama Kelenteng Hok Hien Bio memiliki makna sebagai tempat ibadah untuk peruntungan berlimpah.

”Hien itu berlimpah. ’Bio’ itu tempat ibadah. Dan bio itu tempat ibadah Tri Dharma. Mereka boleh beribadah di kelenteng, seperti pemeluk agama Buddha, Tao, dan Konghucu. Untuk Buddha bisa di wihara juga,” ujarnya.

Kemudian nama Kelenteng Hok Tik Bio, maknanya yakni tempat ibadah untuk orang berbuat kebajikan. ”Tik” menurut Kuo Tjun dimaknai sebagai kebajikan atau perbuatan baik.

”Artinya sebagai tempat ibadah bagi orang untuk berbuat kebajikan. Karena mereka yang berbuat kebajikan akan menerima keberuntungan. Hokinya juga bakal naik,” sambungnya.

Baca: Mengenal Kelenteng Tertua di Kudus yang Berusia Ratusan Tahun

Lalu ada nama Kelenteng Hok Ling Bio. Kata ”Ling” dimaknai sebagai ketenangan. Hok Ling Bio memiliki makna tempat ibadah untuk mencari ketenangan.

”Bagi orang yang ingin beribadah sambil mencari kebahagiaan dengan tentram dan tenang bisa ke Hok Ling Bio,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.