Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diikuti Jokowi, 3.500 Personel Amankan Jalan Sehat 1 Abad NU

Presiden Jokowi saat berada di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat (Tangkapan Layar)

Murianews, Solo – Jalan sehat menuju 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Kota Solo, Minggu (22/1/2023) pukul 06.00 WIB rencananya akan diikuti puluhan ribu peserta, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepastian tersebut diungkapkan Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Presiden, Jumat (20/1/2023).

”Bapak Presiden dijadwalkan hadir dalam jalan sehat 1 abad NU tersebut. Saat ini kami akan melakukan persiapan khususnya dengan pengamanan sesuai dengan prosedur yang ada,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Ia menyebutkan, untuk pengamanan pihaknya akan mengerahkan 3.500 personel gabungan TNI/Polri untuk mengamankan kegiatan. Meski begitu, pengamanan yang dilakukan akan tetap memberikan ruang berinteraksi antara masyarakat dengan Presiden.

Baca: Harlah 1 Abad, NU Gelar Jalan Sehat Berhadiah 20 Tiket Umrah dan Mobil di Solo

”Presiden sosok yang dekat dengan masyarakat. Beliau tidak mau aparat menghalangi kedekatan beliau dengan masyarakat. Artinya pola pengamanan kami fleksibel,” terangnya seperti dikutip Solopos.com.

Iwan menyebutkan, petugas keamanan yang akan dikerahkan saat ini mencapai 3.500 personel. Dari jumlah itu terdiri 1.286 personel Polri, dan sisanya personel TNI. Hanya saja, jumlah itu bisa berubah menyesuaikan dengan perkembangan atau dinamika di lapangan.

”Apalagi kegiatan jalan sehat akan melewati Jl Slamet Riyadi Solo dimana digelar Car Free Day (CFD). Jumlahnya (petugas) mungkin bisa lebih. Angka itu akan dinamis bagaimana pergerakan di lapangan. Seperti diketahui besok bareng pelaksanaan CFD,” urainya.

Sementara itu, Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Anan Nurakhman, mengatakan kegatan Jalan Sehat Menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) diperkirakan akan diikuti 50.000 orang. Untuk itu pengamanan dilakukan sesuai prosedur berlaku.

”Sudah kami siapkan pengamanan, dari mulai start sampai finish, termasuk rangkaian kegiatan Presiden dan Ibu di Solo. Kita antisipasi semua. Kita hari ini lakukan gelar pasukan, agar nanti harapannya berjalan dengan aman, lancar,” ungkapnya.

Anan menjelaskan ribuan personel TNI/Polri akan disebar di sepanjang rute jalan sehat dan lokasi kegiatan.

”Kita rencanakan sesuai SOP. Kami gelar pasukan, cek rute, lalu tempat acara di mana. Termasuk kami datangkan dari Kostrad,” tambahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.