Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perangkat Desa di Grobogan Bakal Geruduk Senayan Bawa Tuntutan Ini

Perangkat Desa di Grobogan Bakal Geruduk Senayan Bawa Tuntutan Ini | MURIANEWS

Para perangkat desa di Grobogan foto bersama usai menggelar pertemuan di Rumah Kedelai Grobogan (RKG), Jumat (20/1/2023). (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Perangkat desa di Kabupaten Grobogan bakal menggeruduk Senayan Jakarta. Mereka akan bergabung dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) untuk menyampaikan aspirasinya.

Rencananya, mereka berangkat dari Grobogan pada Selasa (24/1/2023). Adapun aksi sendiri digelar pada Rabu (25/1/2023) dalam agenda Silaturahmi Nasional (Silatnas) III.

Ketua PPDI Grobogan Sudarmo mengatakan, aksi tersebut diakuinya sebagai respon dari aksi yang telah dilakukan para kades, beberapa hari lalu.

Dalam aksi para kades itu terdapat poin yang menyebutkan bahwa masa jabatan perangkat desa disamakan dengan kades, yakni sembilan tahun.

Baca: Polres Grobogan Belum Tetapkan Tersangka Kasus Santri Berkelahi hingga Meninggal

’’Kami menolak tegas usulan bahwa masa perangkat desa disamakan dengan kepala desa. Kami minta agar masa jabatan perangkat desa seperti yang sudah berlaku, yaitu 60 tahun,’’ kata dia.

Selain isu tersebut, pihaknya juga telah menyusun usulan yang diharapkan dapat dikomodir dalam Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Diketahui, RUU tersebut telah dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2023.

Saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengurus PPDI di 19 kecamatan. Dia memastikan, para perangkat desa di Grobogan berangkat ke Jakarta pada 24 Januari 2023.

’’Kami sudah sepakat akan berangkat ke Jakarta, dengan berkumpul dulu di Pendapa Kabupaten Grobogan. Sudah kami kabarkan kepada seluruh pengurus di kecamatan,’’ ujarnya, Jumat (20/1/2023).

Meski begitu, dia belum bisa memastikan berapa perangkat desa yang akan berangkat. Yang jelas, para perangkat itu akan berkumpul bersama perangkat lain asal Jateng dan seluruh wilayah Indonesia.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.