Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siswa SMP di Kudus Ini Ternyata Jago Atraksi Liong

Siswa SMP Kanisius Kudus mengikuti lomba liong dalam rangka perayaan Imlek. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Siswa SMPN Kanisius Kudus, Jawa Tengah, ternyata jago dan tangkas beratraksi memainkan liong. Ini terlihat ketika para siswa ini mengikuti lomba liong yang digelar pihak sekolah untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek, Jumat (20/1/2023).

Lomba ini diikuti perwakilan kelas di SMP Kanisius Kudus. Dari pantauan Murianews, setiap tim secara bergantian memperagakan berbagai macam gerakan liong. Mereka terlihat sangat kreatif dan atraktif bak atlet liong profesional.

”Lomba liong antarkelas ini salah satu kegiatan untuk merayakan Imlek. Tahun ini bukan hanya pertunjukan liong saja, tapi kami selenggarakan dalam bentuk perlombaan,” kata Kepala SMP Kanisius Herry Christanto.

Perlombaan liong tersebut, diikuti oleh siswa dari delapan kelas. Di mana, setiap tim berjumlah sepuluh siswa.

Para siswa yang mengikuti lomba liong tersebut, juga sudah menjalani latihan persiapan lomba sejak tiga pekan terakhir.

”Lomba liong ini kami harapkan bisa memunculkan atlet liong baru baik bagi sekolah, kabupaten ataupun nasional. Kami juga mengajarkan siswa untuk memiliki semangat toleransi dengan menghargai budaya yang beragam,” ungkapnya.

Baca: SMP Kanisius Kudus Bagikan Angpau Imlek untuk Siswa

Salah satu peserta lomba liong, Aydine azmiraft maritza (13), kelas VIII B, mengaku senang dan bangga bisa turut mengikuti perlombaan liong tersebut. Apalagi, dalam lomba liong di SMP Kanisius, tim yang beranggotakan siswa minimal membawakan 12 gerakan.

”Memang agak capek, ada lari-lari ada loncat. Tapi senang sudah menguasai 16 gerakan yang tadi ditampilkan semua,” ujarnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.