Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gibran Siap Maju di Pilgub

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat memeberikan keterangan di Balai Kota. (Solopos.com/wahyu Prakoso)

Murianews, Solo – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan kesiapannya maju dalam Pilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga mengaku siap ditempatkan di manapun sesuai keputusan partai.

Pernyataan Gibran tersebut diungkapkannya kepada awak media saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (19/1/2023) kemarin.

”Ya saya sih siap (jika diberi mandat maju pilgub), tapi nunggu Bu Ketua Umum (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) dulu ya,” kata Gibran seperti dikutip Solopos.com.

Gibran pun menegaskan, dirinya masih dalam proses belajar. Ia juga mengaku masih membutuhkan bimbingan dari para senior partai.

Baca: Gibran Terang-terangan Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

”Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior,” ungkapnya

Awalnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu irit bicara saat disinggung peluang maju di Pilkada DKI Jakarta. Gibran menyatakan keputusan pengusungan figur cagub-cawagub tak berada di tangannya.

Partai politik (parpol) lah yang berhak mengusung pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.

”Yang memutuskan bukan saya ya. Kita tunggu keputusan dari partai,” urai dia diplomatis.

Gibran juga mengingatkan, urusan pencalonan sebagai kepala daerah tidak bisa dilepaskan dari kehendak rakyat. Ketika seseorang berambisi mencalonkan diri tapi tak diinginkan warga, hasilnya percuma.

“Kita tunggu saja keputusan dari partai. Kita juga lihat dulu permintaan dari warga apa. Kene duwe ambisi tapi nek ora dipikir warga kan ya percuma. Aku santai. Apalagi masih ada pekerjaan di sini,” imbuh dia.

Dia mengaku sedang fokus menyelesaikan 16 program prioritas pembangunan fisik Solo. Apalagi satu per satu program itu selesai dikerjakan dan mulai dibuka. Untuk urusan pilkada dan pilpres nanti.

”Nanti ya, sabar. Ini sekarang kita fokus membuka satu per satu, meresmikan satu pers atu, program-program fisik yang kemarin saya canangkan. Fokus kui sik. Urusan pilgub, urusan Pilpres, nanti saja,” kata dia.

Namun saat terus didesak ihwal kesiapannya maju sebagai calon gubernur, termasuk bila mendapatkan mandat dari Megawati, Gibran mengaku siap. Tapi dia menegaskan dirinya masih fase belajar.

Gibran juga menyatakan masih butuh bimbingan dari para senior partai.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.