Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

225 Pelaku UMKM di Kudus Terima Bantuan Alat Produksi

Bupati Kudus HM Hartopo saat menyerahkan bantuan mesin espresso pada salah satu UMKM penerima (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, menyalurkan sebanyak paket alat produksi untuk 225 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Kretek.

Sebagian merupakan UMKM mandiri, sementara sebagian lainnya adalah pelaku UMKM lulusan Balai Lathian Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker Perinkop UKM) Kudus.

Penyerahan alat produksi diberikan langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo pada sejumlah perwakilan pelaku usaha di kantor Disnaker Perinkop Kudus, Jumat (20/1/2023).

Hartopo mengungkapkan, pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah pada pelaku usaha di Kota Kretek. Pihaknya akan terus mengupayakan agar pelaku UMKM di Kudus bisa terus berkembang dan naik kelas.

”Bantuan ini diambilkan dari Dana Insentif Daerah (DID) kemarin dan ada juga bantuan dari Bank Jateng. Semoga ini bisa membantu para pelaku UMKM untuk terus bangkit dari pandemi,” ujar Hartopo.

Dia mengungkapkan, di era saat ini pelaku usaha bisa memanfaatkan teknologi. Mereka didorong menjual produknya secara daring atau online. Sehingga cakupan promosinya bisa semakin luas.

”UMKM di Kudus ini naik sangat pesat, masyarakat Kudus banyak yang punya inovasi dan kreasinya. Akhirnya jumlah UMKM kita naik pesat hampir 80 persen ada itu semenjak pandemi,” sambungnya.

Baca:Wow! UMKM di Kudus Tumbuh Pesat, Jumlahnya Capai 27 Ribu

Hartopo pun berpesan pada UMKM agar selalu menekuni usahanya. Konsep dan perencanaan yang matang harus disusun. Target ke depan juga harus dipasang agar terus ada inovasi dari waktu ke waktu.

”Harus punya konsep, harus punya target, kerja kalau ditekuni akan menghasilkan, tapi jangan monoton ya,” pungkasnya.

Kepala Disnaker Perinkop UKM Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengungkapkan, untuk rincian dana yang bersumber dari DID adalah sebesar Rp 466 juta sedangkan bantuan yang berasal dari Bank Jateng adalah sebesar Rp 338 juta.

Adapun peralatan yang diberikan di antaranya kompor dan blender untuk pelaku UMKM makanan, mesin jahit untuk UMKM bordir dan jahit, paket make up untuk UMKM rias, mesin espresso untuk pelaku UMKM kopi, dan kompor beserta kain untuk UMKM batik.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.