Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Pasang Target Imunisasi Dasar Lengkap di Atas 95 Persen

Ilustrasi Imunisasi (Pixabay)

Murianews, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Jawa Tengah akan kembali melaksanakan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) tahun ini. Pihak DKK Kudus menargetkan ketercapaiannya di atas 95 persen.

imunisasi dasar lengkap terdiri dari imunisasi hepatitis, imunisasi BCG, imunisasi Measles Rubella (MR), imunisasi OPV (polio tetes), IPV (polio injeksi), dan imunisasi DPT-HB-Hib (pentabio).

Aniq Fuad, Sub Koordinator Surveilans Imunisasi DKK Kudus mengatakan, di tahun ini pihaknya menargetkan di tiap-tiap imunisasi tersebut dapat tercapai di atas 95 persen. Pihaknya mengacu dari target nasional tahun ini sebesar 95 persen.

Data yang dihimpun Murianews, ketercapaian imunisasi OPV (polio tetes), IPV (polio injeksi), dan DPT-HB-Hib (pentabio) telah mencapai 100 persen di tahun 2022 lalu.

Baca: Imunisasi Pencegah Kanker Serviks Bagi Anak di Kudus Belum Tuntas

Detailnya, imunisasi OPV di Kabupaten Kudus tercapai 100,72 persen. Sedangkan imunisasi IPV tercapai 100,24 persen. Sementara cakupan imunisasi DPT-HB-Hib tercapai 105,25 persen.

”Di tahun ini targetnya 95 persen. Di tahun 2022 lalu keseluruhan imunisasi tersebut tercapai di atas 95 persen. Sehingga saat itu balita di Kudus sudah UCI (Universal Child Immunization, red),” katanya, Jumat (20/1/2023).

UCI merupakan kondisi tercapainya imunisasi dasar secara lengkap di semua bayi. Yakni yang usianya di bawah satu tahun.

”Di tahun lalu ketercapaiannya bisa sampai di atas 95 persen karena terbantu dengan BIAN Kejar. Selain itu masyarakat mulai sadar melakukan imunisasi pada anak,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.