Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Fix! Dandangan Kudus Kembali Digelar Tahun 2023 Ini

Bupati Kudus HM Hartopo. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo memastikan tradisi Dandangan Kudus Jawa Tengah, bakal digelar tahun 2023 ini. Kuota pedagang atau pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal pun akan diperbanyak menjadi 80 persen.

Sementara sisanya dipersilahkan dari luar daerah. ”Ya tahun ini digelar, nanti akan diisi banyak dari UMKM lokal, ya paling tidak 80 persen lah, sementara sisanya dari luar daerah,” kata Hartopo, Jumat (20/1/2023).

Untuk kuota pedagang dari luar daerah, Hartopo berpesan agar organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk lebih selektif. Mana kerajinan atau produk yang belum ada dari UMKM lokal bisa dipersilahkan untuk masuk.

”Pokoknya prioritas dari dalam wilayah dahulu,” ujar Hartopo.

Dia mengungkapkan, alasan digelarnya tradisi Dandangan adalah untuk kembali memulihkan ekonomi pascapandemi beberapa tahun belakang.

Baca: Mbah Tardi Kangen Truk Mainan Buatannya Mejeng di Dandangan Kudus

Selain itu, Dandangan nantinya juga diharapkan bisa mengangkat para pelaku UMKM yang sebelumnya terpuruk karena pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

”Pemerintah daerah akan terus berkomitmen memajukan UMKM di Kudus agar naik kelas,” pungkasnya.

Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus juga telah merencanakan pelaksanaan Dandangan. Di mana akan ada sekitar 600 pedagang yang bisa mengikuti even jelang bulan Ramadan tersebut.

Baca: Asal Usul Dandangan, Tradisi Warisan Walisanga

Direncanakan, lokasi pedagang Dandangan itu semakin luas. Tahun ini, skema penataan pedagang dimulai di seputaran Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus ke barat menuju sepanjang Jalan Sunan Kudus (Perempatan Jember).

Kemudian, ada juga lokasi pedagang Dandangan yang ditempatkan di sepanjang Jalan Dr Ramelan ke arah selatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.