Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat, Ini Cara Merawat Ban Serep biar Selalu Siap Digunakan

Catat Ini Cara Merawat Ban Serep biar Selalu Siap Digunakan

Foto: Ilustrasi ganti ban mobil (freepik.com)

Murianews, Kudus – Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Sebab, tanpa adanya ban maka sebagus apapun kendaraan yang Anda miliki, sudah dipastikan tidak bisa digunakan.

Demikian pula jika ban mengalami masalah, akan mengganggu saat melakukan perjalanan. Misalnya, ban kempis, bocor atau bahkan meletus.

Mengingat pentingnya, maka pada mobil pasti dilengkapi dengan ban serep atau cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada salah satu ban yang bermasalah maka bisa cepat diganti sehingga tidak mengganggu aktivitas terlalu lama.

Baca juga: Ini Cara Menjaga Ban Mobil agar Tidak Cepat Aus

Melansir dari laman Wuling, Kamis (19/1/2023), ban serep adalah ban cadangan yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil, tipis dan lebih ringan jika dibandingkan dengan ban biasa. Ban cadangan ini hanya digunakan untuk kondisi darurat dan mendesak dan tidak disarankan untuk digunakan terus menerus karena dapat berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Tips Merawat Ban Serep agar Selalu Prima

Fungsi dari ban serep adalah sebagai cadangan yang akan digunakan saat ban biasa mengalami masalah. Maka dari itu, kondisi ban serep harus selalu dipastikan dalam kondisi prima dan terjaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung digunakan.

Untuk menjaga kualitas ban serep mobil selalu dalam kondisi prima, pemilik kendaraan perlu melakukan perawatan secara berkala. Berikut ini beberapa tips merawat ban serep dengan benar agar kondisinya selalu prima.

1. Cek Tekanan Angin secara Berkala

Salah satu cara merawat ban serep mobil adalah dengan mengecek tekanan angin secara berkala. Hal ini untuk memastikan tekanan angin ban serep selalu dalam kondisi yang tepat sehingga kapanpun dibutuhkan bisa langsung digunakan.

Perlu Anda ketahui, meski tidak digunakan tekanan dalam ban serep bisa berkurang karena angin keluar melalui pori-pori pada permukaan karet ban. Maka dari itu, Anda perlu cek kondisi tekanan angin minimal satu bulan sekali untuk memastikan kondisinya.

2. Perhatikan Usia Ban Serep Mobil

Sama seperti ban biasa, ban serep juga memiliki usia penggunaan. Secara umum, penggunaan ban serep mobil biasanya diberikan batasan maksimal hingga 4 tahun mulai dari awal masa produksi. Meskipun jarang digunakan, jika sudah melewati masa tersebut ada baiknya Anda mengganti ban mobil serep dengan yang baru demi keamanan saat berkendara.

3. Bersihkan Ban Serep secara Rutin

Ban serep yang kotor bisa membuat kualitasnya menurun. Maka dari itu, meski jarang digunakan, bersihkan ban serep secara rutin menggunakan lap kering untuk menghindari karat dan kotoran yang bisa merusak permukaan ban dan pelek ban.

Meski fungsinya sebagai ban cadangan, namun perlu Anda ketahui bahwa ukuran ban mobil serep biasanya lebih kecil dibandingkan ban biasa. Tidak hanya itu, ban serep biasanya juga cenderung lebih tipis dan ringan jika dibandingkan ban biasa. Maka dari itu, ban serep ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari karena sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap sepele keberadaan ban serep pada kendaraan. Namun nyatanya, ban cadangan ini sangat diperlukan khususnya untuk kondisi darurat. Maka dari itu, sediakan ban serep di dalam kendaraan dan rawat dengan baik agar siap digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wuling.id

Ruangan komen telah ditutup.