Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Polri akan Panggil Konten Kreator Pengemis Online

Polri akan Panggil Konten Kreator Pengemis Online

Fenomena mengemis online dengan cara ekspliotasi diri di media sosial (Tangkapan Layar)

Murianews, Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri akan memanggil konten kreator yang mengunggah video eksploitasi seseorang menjadi pengemis online di media sosial TikTok.

Hal ini dilakukan lantaran bentuk eksploitasi seperti itu tidka dibenarkan sama sekali. Terlebih, sebagian besar yang dieksploitasi adalah para orang tua dan lansia.

”Dalam waktu dekat kami akan melakukan pemanggilan kepada konten kreator yang membuat konten yang menurut kami tidak pas, yang mengeksploitasi kelemahan seseorang,” ucap Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, mengutip Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

BacaMensos Risma Akan Surati Pemda untuk Tindak Pengemis Online

Selain itu pihaknya juga akan memberikan edukasi kepada beberapa konten kreator agar menghentikan konten yang tidak bermanfaat dan tidak baik. Dalam hal ini, pihaknya akan menggandeng Komisi Nasional Perempuan dan Anak.

”Kami akan menggandeng Komnas Perempuan dan Anak untuk menghimbau kepada rekan-rekan, pada saat ini kami juga mengimbau rekan-rekan konten kreator untuk menyetop membuat konten seperti itu karena itu tidak baik, ke depannya sangat tidak baik,” ucapnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk membuat laporan jika menemukan video terkait eksploitasi seseorang di media sosial.

BacaPolda NTB Periksa 3 Emak-Emak Ngemis Online Mandi Lumpur, Ternyata

Adi mengatakan, pihaknya telah memiliki satuan tugas khusus terkait pengaduan.

”Sistem pelaporan kita ada patrolisiber.id. Rekan-rekan bisa melakukan pelaporan secara Online,”ucapnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.