Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tempat Ibadah di Jepara Bakal Dapat Hibah, Ini Nilainya

Tempat Ibadah di Jepara Bakal Dapat Hibah Ini Nilainya

Ilustrasi: Masjid Mantingan Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelontorkan anggaran dana hibah sebesar Rp 12,6 miliar untuk tempat ibadah. Anggaran itu dikucurkan selama tahun 2023 ini.

Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023. Dengan anggaran sebesar Rp 12,6 miliar itu, ditargetkan ada 232 tempat ibadah yang akan terpelihara.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, yakni Rp 13,77 miliar. Jumlah tempat ibadah yang disasar juga lebih sedikit.

Baca: Lima Ribu Kartu Tani di Jepara Belum Tersalurkan

Pada 2022, ada 241 tempat ibadah yang menjadi sasaran. Sementara, di tahun ini ditujukan untuk 232 tempat ibadah. Perinciannya, 67 masjid, 159 musala, 4 gereja, 1 vihara, serta 1 pura.

’’Pada 2022 total bantuan hibah sebesar Rp 13,77 milyar yang diberikan kepada 241 tempat ibadah,’’ kata Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Jepara, Ratib Zaini, Kamis (19/1/2023).

Dia mengatakan, sudah menyosialisasikan anggaran tersebut. Ratib menyebut, anggaran tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, dibutuhkan pemahaman yang benar terhadap aturan beserta administrasi dan pertanggungjawabannya. Itu dilakukan agar pemberian hibah berlangsung secara efisien, efektif, sesuai dengan akuntabilitas dan transparan.

Pihaknya meminta kepada para pengurus tempat ibadah sebagai pihak yang menerima hibah juga harus bertanggung jawab. Baik secara moral maupun material terkait dengan kebenaran laporan pertanggungjawaban agar kesalahan administrasi dapat diminimalisir.

’’Laksanakan hibah secara tepat sasaran, tepat manfaat dan tertib administrasi sesuai peruntukannya. Dana hibah harus benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,’’ tegas Ratib Zaini.

Pihaknya berharap, bantuan hibah ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan serta kemaslahatan umat dan masyarakat Jepara.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.