Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Imunisasi Campak di Kudus Tahun Ini Ditarget 98 Persen

Salah seorang anak mendapat imunisasi di Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Jawa Tengah kembali melaksanakan imunisasi Measles Rubella (MR) atau campak tahun ini. Pihaknya menargetkan capaian imunisasi MR sebesar 98 persen.

Imunisasi MR ini bertujuan untuk mencegah kecacatan akibat campak. Sasarannya yakni balita usia 9-59 bulan.

Capaian imunisasi MR di Kabupaten Kudus, tahun lalu yakni sebesar 98,1 persen. Jumlah tersebut juga melebihi target imunisasi MR nasional sebesar 95 persen.

”Target nasional capaian imunisasi MR tahun ini sebesar 95 persen. Kami upayakan di tahun ini bisa tercapai 98 persen seperti tahun lalu,” kata Sub Koordinator Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Aniq Fuad, Kamis (19/1/2023).

Baca: Imunisasi Pencegah Kanker Serviks Bagi Anak di Kudus Belum Tuntas

Aniq menjelaskan, di tahun lalu imunisasi MR ikut serta pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Tetapi di tahun ini sudah tidak ada BIAN.

”BIAN itu hanya di tahun lalu saat Covid-19. Saat itu diselenggarakan BIAN karena masih ada balita tidak melakukan imunisasi rutin. Jadi di tahun ini menyebutnya bukan lagi BIAN MR. Tetapi imunisasi MR, pada intinya sama karena imunisasi tetap berjalan,” sambungnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.