Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Warga Malaysia Cari Ayahnya di Teguhan Grobogan, Begini Ceritanya

Warga Malaysia Cari Ayahnya di Teguhan Grobogan Begini Ceritanya

Nurkayati (kanan), warga Desa Teguhan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, bersama Kepala Desa setempat, Karsono. (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Nor Suhanna yang mengaku berkebangsaan Malaysia mencari ayah kandungnya, Mohd Sani. Ia menyebut ayahnya berada di Desa Teguhan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan.

Kepala Desa Teguhan, Karsono mengatakan, orang yang dicari perempuan itu telah meninggal pada 2018 lalu. Dikatakannya, Mohd Sani meninggal karena sakit.

’’Pak Sani memang sempat tinggal di sini. Tapi beliau sudah meninggal 2018 lalu. Dulu ke sini juga sudah dalam kondisi sakit. Niatnya berobat dan liburan, tapi malah sampai meninggal di sini,’’ paparnya.

Murianews juga bertemu dengan Nurkayati yang merupakan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Ia diketahui juga anak tiri dari Mohd Sani.

Baca: Viral Warga Malaysia Cari Ayahnya di Teguhan Grobogan

Perempuan 42 tahun itu menceritakan, nama ayah tirinya yakni Muhammad Sani. Saat itu, ayah tirinya itu dibawa ibunya pulang ke Teguhan bermaksud untuk berobat sekaligus liburan.

’’Niatnya sebenarnya hanya tiga bulan saja, untuk liburan dan berobat. Tapi malah sakitnya semakin parah, sampai meninggal di sini,’’ ujar Nurkayati saat ditemui di Kantor Desa Teguhan, Kamis (19/1/2023).

Nurkayati mengaku tidak mengetahui kapan ibunya dan ayah tirinya itu menikah. Sebab, sebelum tiba-tiba pulang ke kampung halaman di Teguhan, dia mengira ibunya sudah meninggal di Malaysia.

Pasalnya, sudah 16 tahun tidak ada kabar. Bahkan, ia sempat akan menggelar tahlilan, karena keluarga mengira sudah meninggal.

’’Eh, malah tiba-tiba pulang dengan laki-laki,’’ katanya.

Selama ini, Nurkayati tinggal bersama ayah kandungnya. Dia yang merawat ayah kandungnya selama ditinggal ibunya merantau. Sejak berpisah dengan sang ibu, ayahnya tidak pernah menikah lagi hingga kini.

Nurkayati menyatakan, ibu bersama ayah tirinya dulu sempat tinggal bersamanya. Namun, hanya bertahan sekitar dua bulanan. Setelah itu, ibu dan ayah tirinya memilih tinggal bersama neneknya.

Nurkayati mengaku tidak mengetahui apakah perempuan yang mengaku bernama Nor Suhanna itu benar-benar anak kandung Sani. Namun, perempuan bernama Nor itu mengaku mencari ayahnya karena ingin menikah lagi.

’’Saya sendiri tidak tahu, apakah Pak Sani punya anak kandung. Dulu ngakunya hanya punya anak tiri empat orang. Tapi Nor Suhanna itu ngakunya mau menikah lagi, makanya mencari ayahnya kandung,’’ paparnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.