Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perencanaan Mulai Disusun, Dandangan Kudus Bakal Digelar Lagi?

Rapat perencanaan gelaran tradisi Dandangan Kudus 2023. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Setelah tiga tahun vakum, tradisi Dandangan untuk menyambut Ramadhan diperkirakan akan kembali digelar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, di tahun 2023 ini. Perencanaan Dandangan pun mulai disusun.

Rapat perencanaan yang diikuti sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemerintah desa sekitar digelar di aula Dinas Perdagangan Kudus, Kamis (19/1/2023).

Direncanakan lokasi pedagang Dandangan itu semakin di luas. Tahun ini, skema penataan pedagang dimulai di seputaran Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus ke barat menuju sepanjang Jalan Sunan Kudus (Perempatan Jember).

Kemudian, ada juga lokasi pedagang Dandangan yang ditempatkan di sepanjang Jalan Dr Ramelan ke arah selatan.

Kabid Pedagang Kaki Lima (PKL) Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Imam Prayitno mengatakan, rapat perencanaan tradisi Dandangan ini untuk menyusun skema pelaksanaan Dandangan agar lebih tertata dan rapi.

Baca: Asal Usul Dandangan, Tradisi Warisan Walisanga

Apalagi, sudah tiga tahun terakhir gelaran Dandangan di Kudus tidak digelar karena pandemi.

”Ini baru rapat perencanaan untuk menjaring masuk-masukan yang ada. Dan nanti hasilnya kami laporkan ke Pak Bupati,” katanya, Kamis (19/1/2023).

Rencananya, pedagang yang berjualan di area Dandangan 2023 nanti akan bertambah. Jika sebelumnya berkapasitas sekitar 400 pedagang, jika tahun ini digelar maka akan diperuntukkan bagi 600 pedagang.

”Rencananya di alun-alun nanti full pedagang. Karena ini jadi momentum untuk membangkitkan kembali UMKM. Kami juga prioritaskan UMKM yang ada di Kudus. Rencananya 60 persen UMKM Kudus, 40 persennya dari luar,” ungkapnya.

Baca: Dandangan Kudus Resmi jadi Warisan Budaya Tak Benda

Meski demikian, ada tidaknya gelaran tradisi Dandangan 2023 nanti masih menunggu keputusan dari Bupati Kudus HM Hartopo.

”Keputusan nanti menunggu Pak Bupati. Kami rencanakan gelaran Dandangan 10 hari sebelum puasa,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.