Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Anggaran Promosi Mebel Jepara Dinilai Minim

Anggaran Promosi Mebel Jepara Dinilai Minim

Salah satu pengukir di Jepara tengah bekerja di gudang mebel. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Anggaran promosi industri mebel di Kabupaten Jepara dinilai minim. Di mana, anggaran promosi mebel dan furniture yang dikucurkan Pemkab Jepara hanya Rp 80 juta setahun.

Besaran anggaran itu pun dinilai hanya cukup untuk subsidi pameran. Akibatanya, tiap kali mengikuti pameran dengan membawa nama Kabupaten Jepara, selalu kalah dari daerah lain.

Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Haizul Ma’arif pun mengamini anggaran itu sangat kecil untuk ukuran mebel Jepara.

Pada gelaran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2022 di Jakarta lalu, Haiz prihatin dengan kondisi stand atau tenda mebel Kabupaten Jepara.

’’Posisi stand yang mojok, di belakang, kecil. Dari situ saya melihat dukungan anggaran memang belum maksimal,’’ kata Gus Haiz, sapaan akrab politisi PPP itu pada Murianews, Kamis (19/1/2023).

Baca: Jawab Tantangan Jokowi, Pengusaha Mebel Jepara Segera Gelar Pameran Internasional

Untuk itu, tahun ini Gus Haiz akan menambahkan anggaran promosi mebel Jepara sekitar Rp 100 juta. Dengan demikian, anggaran di tahun mendatang naik jadi Rp 180 juta.

Soal penambahan anggaran itu, Gus Haiz tetap memperhitungkan efeknya di belakang. Apakah nantinya akan meningkatkan pertumbuhan industri mebel atau justru stagnan seperti kondisi sebelumnya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyatakan segera membahas ihwal penambahan anggaran promosi mebel. Pihaknya telah memerintahkan bawahannya untuk menghitung peningkatan anggaran promosi.

’’Saya akan adakan rapat khusus. Kita undang pengelola ukir, termasuk pengusaha kayu,’’ kata Edy.

Pihaknya mengakui anggaran promosi mebel itu sangat minim. Untuk itu, Edy Supriyanta mencoba mengusulkan peningkatannya pada pembahasan perubahan APBD Jepara 2023. Selain itu, pihaknya akan mencarikan anggaran dari CSR perusahaan atau sub-sub lain.

’’Peningkatannya semaksimal mungkin. Nanti kita hitung. Sewajarnya dan sekuat kemampuan keuangan daerah,’’ pungkas Edy.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.