Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Alamak! LSM Pemediasi 6 Pelaku Perkosaan di Brebes Minta Uang Damai Rp 200 Juta

Ilustrasi. (Freepik)

Murianews, Brebes – Lembaga Suadaya Masyarakat atau LSM yang memdiasi enam pemerkosa gadis di bawah umur di Brebes ternyata meminta uang Rp 200 juta sebagai uang damai kepada para pelaku.

Uang tersebut diminta dengan dalih untuk kompensasi kepada korban usai mediasi dengan kesepakatan damai. Meski begitu, dari uang damai yang diminta LSM tersebut, korban hanya diberi Rp 30 juta.

”Alasannya untuk diberikan sebagai kompensasi kepada korban. Tapi pada kenyataannya korban hanya menerima sekitar Rp 30 juta. Yang menyaksikan banyak, yakni dari Ketua RT, Kadus hingga Kepala Desa,” ujar ayah dari salah satu pelaku, K seperti dikutip Detik.com, Kamis (19/1/2023).

Ia menceritakan, permintaan uang tersebut dilakukan untuk penyelesaian kasus supaya tidak dilaporkan ke Polres Brebes. Bahkan, mereka meminta uang tersebut harus ada saat mediasi dilakukan.

”Orang-orang dari LSM ngomong ‘kalau hari ini tidak kelar, Polres Brebes akan turun tangan menangani kasus pemerkosaan’. Dia minta uang secepatnya dan harus deal malam itu juga,” ungkapnya

Karena merasa keberatan, terjadilah tawar menawar terkait uang damai tersebut. Keenam keluarga pelaku mengaku hanya bisa memberikan Rp 70 juta dengan sistem patungan.

”Awalnya meminta uang sebesar Rp 200 juta dan saya minta tawar-menawar dan saat itu disepakati Rp 70 juta untuk berenam,” terangnya.

Setelah kesepakatan tersebut, keluarga para pelaku langsung mencari pinjaman uang. Mereka takut kasus perkosaan itu akan dilanjutkan ke proses hukum.

”Kemudian kami mencari uang untuk menutupi permintaan LSM supaya kasusnya tidak berlanjut. Kami semua mencari utang dan total mendapatkan uang hanya sebesar Rp 62 juta dan diserahkan ke rombongan LSM. ‘Kami dapat utangan segini mau nggak? Saya tidak dapat uang lagi’, dan akhirnya diterima oleh mereka LSM,” sambung pria itu.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.