Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Ditlantas Uji ETLE Drone di Klaten, Ini Tempatnya

Ditlantas Polda Jateng uji coba ETLE drone di Penggung, Kecamatan Ceper, Klaten, Kamis (19/1/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Murianews, Klaten – Ditlantas Polda Jateng melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Klaten. Uji coba dilakukan di satu tempat, yakni simpang empat Penggung, Kecamatan Ceper, Klaten, Kamis (19/1/2023) pagi.

Sebelumnya, uji coba sudah dilakukan di empat kabupaten. Uji coba dilakukan Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polres Klaten dan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI).

Kanit 6 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, AKP Tri Afandi, menjelaskan ETLE drone bersifat dinamis atau mobil. Selain bisa dimanfaatkan untuk memantau arus lalu lintas, ETLE drone bisa digunakan untuk memantau pelanggaran peraturan lalu lintas.

“Ketika ada pelanggaran bisa langsung ter-capture seperti ETLE yang sudah-sudah,” kata Afandi seperti dikutip Solopos.com.

Jenis pelanggaran yang bisa diawasi menggunakan tilang elektronik atau ETLE drone yakni pelanggaran kasatmata seperti tidak mengenakan helm, tidak menggunakan spion, melanggar markah jalana, hingga melawan arus.

Dia berharap penggunaan ETLE drone itu bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan para pengendara lebih tertib menaati peraturan lalu lintas. Afandi menjelaskan saat ini ETLE drone masih taraf uji coba.

Sebelum di Klaten, uji coba penggunaan ETLE drone dilakukan di Salatiga, Demak, Kudus, dan Jepara. “Untuk penerapannya kami menunggu petunjuk lebih lanjut dari Dirlantas,” terangnya.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Klaten, Iptu Slamet Riyadi, berharap dengan ETLE drone warga lebih tertib ketika berkendara. “Jadi tertibnya bukan hanya saat ke kota atau ketika ada pihak kepolisian. Tetapi tertibnya di mana saja,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.