Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Target Bupati Kudus di Sisa Jabatan, Ekonomi Tumbuh-Kemiskinan Turun

Bupati Kudus HM Hartopo. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,05 persen di tahun 2023. Tahun ini merupakan tahun terakhir jabatannya sebagai bupati di periode pertama.

Selain itu, penurunan angka kemiskinan juga diupayakan menjadi 7,32 persen di tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kudus HM Hartopo dalam forum konsultasi publik rencana kerja Pemerintah Kabupaten Kudus tahun 2024 di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (19/1/2023).

Hartopo mengungkapkan, pada tahun 2022 pemerintah daerah telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dan menaikkan indeks pembangunan manusianya.

Di tahun ini, pihaknya ingin mengulang hal tersebut kembali agar Kabupaten Kudus menjadi wilayah yang lebih berkualitas.

”Ini tahun terakhir saya menjabat sebagai bupati di periode pertama, saya akan menyelesaikan tugas dan kami mengajak semua elemen untuk fokus membangun Kudus,” ujarnya.

Baca: Seleksi Perangkat Desa di Kudus: Delapan Perguruan Tinggi Digandeng

Dalam kesempatan tersebut juga, Hartopo mengungkapkan pemerintah daerah akan ikut menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Kudus. Di mana pada tahun 2022 ini adalah sebesar 3,21 persen dan ditarget turun menjadi 3,2 persen pada tahun 2023 dan 3,19 di tahun 2024.

Oleh karenanya, pihaknya akan mulai memfokuskan pembangunan sumber daya manusia yang lebih baik lagi. Dengan begitu peningkatan kesejahteraan masyarakat juga akan ikut mengiringinya.

”Dari segi birokrasi kami akan mulai menata kembali tata pemerintahan yang lebih baik dan membangun wilayah secara berkelanjutan,” tandasnya.

Baca: Kerugian Akibat Banjir Kudus Capai Rp 141 Miliar

Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Samani Intakoris menambahkan, forum konsultasi publik pada kesemapatan kali ini dihadiri sekitar 300 orang yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Penyampaian materi dilakukan secara daring dan langsung dari Pendapa Kabupaten Kudus.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menjadi forum bagi pemangku kepentingan untuk mencermati rancangan pembangunan daerah yang telah dibuat pemerintah daerah.

”Selanjutnya adalah untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan terkait penyusunan RPD Kabupaten Kudus Tahun 2024-2026 dan RKPD Kabupaten Kudus Tahun 2024,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.