Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil yang Bisa Jadi Pembangkit Listrik Mikrohidro

Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil yang Bisa Jadi Pembangkit Listrik Mikrohidro

Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara (Tangkapan Layar)

Murianews, Minahasa Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (19/1/2023). Bendungan ini rencananya bakal menjadi bendungan pengendali banjir bagi Kota Manado.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan jika bendungan ini dibangun sejak tahun 2016 lalu, sehingga membutuhkan waktu lima setengah tahun untuk bisa selesai.

Bendungan Kuwil Kawangkoan ini juga menghabiskan anggaran yang tidak sedikit, yakni menyentuh Rp 1,9 triliun.

Baca: Resmikan Bendungan Sadawarna, Jokowi: Produktivitas Padi Harus Naik

”Jadi bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya lima setengah tahun. Dibangun dengan anggaran Rp 1,9 triliun,” ujar Jokowi.

Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 157 hektare.

Jokowi menyatakan bendungan ini bakal menjadi pengendali banjir bagi Kota Manado. Dia menyebutkan Manado pernah banjir bandang di tahun 2014, bendungan ini akan mencegah hal itu terjadi kembali.

”Karena ini berada di atas Manado, kalau nggak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa banjir di Manado. Kita ingat, 2014 itu Manado pernah banjir bandang,” kata Jokowi.

Baca: Jokowi Resmikan Bendungan Ciawi Bogor, Klaim Bisa Kurangi Banjir Jakarta

Selain itu bendungan ini juga bisa menjadi sarana irigasi pertani dan juga jadi pembangkit listrik mikrohidro dengan kapasitas 2×0,70 megawatt.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Ruangan komen telah ditutup.