Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 19 Januari, Ini Daftarnya

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 19 Januari Ini Daftarnya

Foto: Bob Sadino (wikipedia.org)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 19 Januari dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah meninggalnya pengusaha Bob Sadino di tahun 2015. H. Bambang Mustari Sadino (9 Maret 1933 – 19 Januari 2015) atau akrab dipanggil Bob Sadino, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan.

Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat santai dengan mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya sehari-hari.

Baca juga: Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 18 Januari, Ini Daftarnya

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Bob Sadino lahir pada 9 Maret 1939, tetapi sebenarnya Sadino lahir pada tanggal 9 Maret 1933. Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.

Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di djakarta lloyd kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.

Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

Pekerjaan pertama yang dilakoni Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.

Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu.

Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang.

Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.

Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 19 Januari, seperti dilansir dari Wikipedia:

379

Kaisar Gratianus mengangkat Theodosius di Sirmium menjadi Augustus, dan memberikan kekuasaan atas semua provinsi timur Kekaisaran Romawi.

649

Penaklukan Kucha: Pasukan Kucha menyerah setelah dikepung selama 40 hari oleh jenderal Dinasti Tang Ashina She’er, menegaskan kontrol Tang atas Basin Tarim Utara di Xinjiang.

1779

Gugus bola Messier 56 ditemukan oleh Charles Messier.

1795

Republik Batavia diproklamirkan di Belanda, mengakhiri Republik Tujuh Belanda Bersatu.

1806

Britania Raya merebut koloni Tanjung Harapan, Afrika Selatan dari tangan Kongsi Dagang Hindia Timur (VOC) melalui Pertempuran Blaauwberg.

1817

Pasukan berkekuatan 5.423 orang, dipimpin Jenderal José de San Martín, melintasi Pegunungan Andes dari Argentina untuk membebaskan Chili dan selanjutnya Peru.

1829

Drama karya Johann Wolfgang von Goethe, Faust: The First Part of the Tragedy (Faust. Eine Tragödie atau Faust. Der Tragödie erster Teil), mendapat penampilan pertamanya.

1883

Sistem penerangan listrik pertama yang menggunakan kabel layang, yang diciptakan oleh Thomas Alva Edison, mulai dipergunakan di Roselle, New Jersey.

1915

Perang Dunia I: Balon udara Zeppelin Jerman membom kota-kota Great Yarmouth dan King’s Lynn di Inggris, menewaskan sedikitnya 20 orang, pembomban udara atas target sipil pertama di dunia.

1917

Perang Dunia I: 73 orang tewas dan 400 lainnya luka-luka dalam ledakan di sebuah pabrik amunisi di London.

1935

Coopers Inc. menjual celana dalam pertama di dunia.

1937

Howard Hughes mencetak rekor baru terbang dari Los Angeles ke New York City dalam 7 jam, 28 menit, 25 detik.

1941

Perang Dunia II: Kapal perang Yunani Triton (Y-5) menenggelamkan kapal selam Italia Neghelli di Otranto.

1942

Perang Dunia II: Jepang menduduki Burma.

1945

Perang Dunia II: Tentara Merah Uni Sovyet membebaskan Ghetto Łódź. Dari 200.000 penduduknya (1940), hanya kurang dari 900 orang yang berhasil selamat.

1960

Jepang dan Amerika Serikat menandatangani Pakta Keamanan Bersama AS-Jepang (US–Japan Mutual Security Treaty).

1966

Indira Gandhi dilantik sebagai Perdana Menteri India.

1969

Jan Palach, seorang mahasiswa Cekoslowakia, meninggal setelah membakar dirinya sebagai protes atas invasi tentara Uni Soviet dan Pakta Warsawa ke negaranya pada tahun 1968. Upacara pemakamannya memicu protes yang lain.

1977

Salju turun di Miami, Florida (AS). Kejadian pertama dan satu-satunya dalam sejarah kota ini. Salju juga turun di Bahama.

1981

Krisis Sandera Iran: Para pejabat Amerika Serikat dan Iran menandatangani sebuah perjanjian untuk melepas 52 sandera Amerika setelah disandera selama 14 bulan.

1983

Apple Lisa, komputer pribadi komersial pertama buatan Apple Computer, Inc. yang mempunyai antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan sebuah mouse, diumumkan.

1986

Virus komputer IBM PC yang pertama dirilis. Virus boot sector dijuluki (c)Brain, dibuat oleh Farooq Alvi Brothers di Lahore, Pakistan, dilaporkan untuk mencegah pembajakan peranti lunak yang mereka buat.

1991

Perang Teluk: Iraq menembakkan misil Scud kedua ke Israel, menyebabkan 15 orang terluka.

1996

Minyak yang diangkut dengan tongkang North Cape tumpah ke laut setelah kebakaran mesin memaksa kapal tunda (tugboat) Scandia menepi ke pantai di Pantai Moonstone di South Kingstown, Rhode Island, AS.

1997

Yasser Arafat kembali ke Hebron setelah lebih dari 30 tahun dan ikut merayakan penyerahan kembali kota Tepi Barat terakhir yang dikuasai Israel.

1999

Idul Fitri 1419 Hijriah.

2006

Probe New Horizons diluncurkan NASA dalam misi perdana ke Pluto.

2007

Jurnalis Turki Hrant Dink dibunuh di depan kantor suratkabarnya oleh seorang pemuda ultra nasionalis Turki berusia 17 tahun, Ogün Samast.

2011

Gayus Tambunan divonis hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp 300.000.000,00 karena terbukti bersalah melakukan kesalahan yaitu korupsi, perkara suap, memberi keterangan palsu, dan mafia pajak.

2015

Meninggalnya Bob Sadino, pengusaha Indonesia.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wikipedia.org

Ruangan komen telah ditutup.