Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Kagumi Perjuangan KHR Asnawi

Bupati Kudus saat memberi sambutan dalam pengajian umum, Haul KHR Asnawi yang ke 65. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mengaku sangat mengagumi perjuangan KHR Asnawi. Bahkan ia mengajak seluruh semua elemen masyarakat Kudus, Jawa Tengah, untuk meneladani perjuangan KHR Asnawi baik semangat nasionalismenya hingga saat membesarkan Islam dan Nahdatul Ulama (NU).

Karena lewat semangatnya, NU terus berkembang hingga ke tingkat internasional.

”Semangat KHR Asnawi untuk mengembangkan NU dan syiar Islam terus membara. Bahkan warisan itu masih kita rasakan saat ini lewat Madrasah Qudsiyyah dan Pondok Pesantren Raudlatuth Tholibin di Kudus ini,” katanya dalam pengajian umum memperingati Haul KHR Asnawi yang ke 65 di Pondok Pesantren Raudlatuth Tholibin, Kudus, Rabu (18/1/2023) malam.

Bupati juga mengagumi semangat nasionalisme kiai kharismatik itu. Tak hanya aktif dalam ilmu agama, KHR Asnawi dinilai ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan caranya sendiri.

Oleh karena itu, Hartopo mengajak agar masyarakat dapat mengikuti semangat juang KHR Asnawi. Salah satunya menciptakan suasana kondusif dan damai di Kabupaten Kudus.

Baca: Ribuan Santri Qudsiyyah Kudus Khataman Serentak di Makam KHR Asnawi

Bupati yakin dengan dukungan masyarakat, julukan Kudus sebagai kabupaten yang toleran tak hanya sekadar slogan.

”Generasi muda penerus perjuangan KHR Asnawi dapat mengikuti semangat beliau dengan menjaga kerukunan demu keutuhan bangsa,” pungkasnya.

Pada tahun ini, Haul KHR Asnawi dilaksanakan selama sepekan mulai 15-18 Januari 2023. Haul ini dimulai dengan Halaqah Turats KHR Asnawi pada Minggu (15/1/2023) malam.

Rangkaian Haul KHR dilanjutkan dengan ziarah pendiri NU oleh siswa LP Ma’arif dan kemudian oleh khataman oleh santri Qudsiyah dan alumni Qudsiyyah. Bahtsul Masail kia muda juga menjadi salah satu agenda Haul.

Baca: Selawat Asnawiyah sebagai Warisan Budaya dari Kudus

Untuk acara puncak akan digelar tahlil umum pada Rabu (18/1/2023) sore serta pengajian umum di halaman Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Bendan Kerjasan Kota Kudus dengan menghadirkan KH Zulfa Mustofa (Wakil Ketua Umum PBNU) Jakarta dan Habib Umar al-Muthohhar dari Semarang.

Beberapa tokoh turut hadir dalam pengajian itu di antaranya Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Mustofa, Habib Umar al-Muthohhar dari Semarang, Rois Tanfidziah PWNU Jateng KH Muzamil, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.