Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mengubah Subtitle Video YouTube Menjadi Bahasa Indonesia

Ini Cara Mengubah Subtitle Video YouTube Menjadi Bahasa Indonesia

Foto: Ilustrasi (StockSnap dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Saat menonton video YouTube lewat android, sebagian orang terkadang ingin mengunduhnya dalam format MP3. Alasannya, dengan mengunduh dalam format MP3 dirasa lebih praktis dan tidak memakan tempat penyimpanan yang cukup besar dan menghemat paket data.

Selain itu, ada juga penonton YouTube yang ingin mengubah subtitle dalam video menjadi Bahasa Indonesia. Tujuannya, biar tahu informasi lebih lengkap dari tayangan video yang ditonton.

Meski demikian, banyak yang masih kesulitan untuk melakukannya. Padahal, cara mengubah subtitle video YouTube menjadi Bahasa Indonesia ini tidak sudah.

Baca juga: Begini Cara Download MP3 dari Youtube untuk Nambah Koleksi di Handphone

Melansir dari Gadgetren.com, Rabu (18/1/2023), saat ini YouTube pun telah meningkatkan pengalaman penggunanya dengan berbagai fitur yang diberikan. Hadir juga fitur-fitur berguna seperti bisa menyimpan video, membuat klip, dan masih banyak lagi bagi para penonton YouTube.

Salah satu fitur yang bermanfaat saat menyaksikan tayangan dalam bahasa Inggris ialah fitur Subtitle. Dengan fitur ini, konten video berbahasa asing bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yang dipilih seperti bahasa Indonesia misalnya melalui teks berjalan di bawah video.

Fitur Subtitle bisa ditemukan pada saat kita memutar salah satu video berbahasa asing di YouTube, tepatnya berada di bagian bawah kanan layar video. Fitur Subtitle bersebelahan dengan menu setelan, mode tampilan layar penuh, default, dan mini player.

Namun untuk fitur Subtitle sering kali hanya mengaktifkan teks transkip dari bahasa asli saja dab tidak menerjemahkan ke bahasa lain. Nah agar bisa menerjemahkan jadi bahasa Indonesia, kamu harus mengaturnya lagi pada menu setelan.

Cara Mengubah Subtitle di YouTube Menjadi Bahasa Indonesia

Di Aplikasi

1. Buka aplikasi YouTube di handphone kamu.

2. Putar salah satu video di YouTube dengan bahasa asing.

3. Ketuk tombol Setelan di layar pemutaran video pojok kanan atas.

4. Pilih menu Captions.

5. Pilih Bahasa Indonesia.

6. Atau jika tidak ada, ketuk Auto-translate.

7. Pilih bahasa Indonesia.

Di Web

1. Akses YouTube lewat browser seperti Chrome atau Microsoft Edge.

2. Putar salah satu video di YouTube.

3. Di layar pemutaran video, ketuk tombol Setelan di kanan bawah pemutaran video.

4. Ketuk tombol Subtitle atau Subtitel.

5. Pilih Terjemahkan Otomatis.

6. Pilih bahasa Indonesia.

Itulah cara mengubah subtitle di YouTube menjadi bahasa Indonesia. Kamu juga bisa mengubah subtitle yang tampil pada video YouTube menjadi bahasa lain dengan pilihan yang tersedia. Misalnya dari bahasa Indonesia ke Inggris, Indonesia ke Jepang, dan masih banyak lagi.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Ruangan komen telah ditutup.