Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Cuma buat Kesehatan, Bunga Teratai juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Tak Cuma buat Kesehatan Bunga Teratai juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Foto: Bunga teratai (morn in japan dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Bunga teratai adalah tanaman yang cukup familiar bagi orang Indonesia. Pasalnya, tanaman ini mudah didapati di kawasan perairan alam maupun buatan.

Bunga teratai yang warnanya menarik ini bisa membikin suasana tambah asri dan romantis. Apalagi jika banyak bunga yang bermekaran dalam satu waktu.

Selama ini, bunga teratai dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak heran, bunga ini digunakan untuk pengobatan sejak dulu.

Baca juga: Ketahui, Ini Manfaat Bunga Mawar bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat bunga teratai ini bisa berasal dari beberapa bagian tanaman. Mulai bunga, biji, daun, dan bagian batang bawah.

Ragam Manfaat Bunga Teratai

Melansir dari Halodoc, Rabu (18/1/2023), di Asia, berbagai bagian tanaman teratai biasa digunakan untuk bahan memasak, membuat kue, dan penambah rasa pada minuman. Selain itu, orang juga banyak menggunakan teratai untuk obat pendarahan, batuk, demam, masalah hati dan perut, dan kondisi lainnya.

Teratai juga mengandung bahan kimia yang dapat mengurangi pembengkakan, membunuh sel kanker dan bakteri, mengurangi gula darah, membantu pemecahan lemak, dan melindungi jantung dan pembuluh darah.

Berikut adalah penjelasan manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Memiliki Sifat Antioksidan

Tanaman teratai banyak mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang dapat berperan sebagai antioksidan. Antioksidan membantu menetralkan molekul reaktif radikal bebas. Jika radikal bebas menumpuk di tubuh, mereka dapat menyebabkan stres oksidatif, yang merusak sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker.

Beberapa senyawa antioksidan dalam teratai termasuk kaempferol, katekin, asam klorogenat, dan quercetin. Sifat antioksidan teratai paling terkonsentrasi pada biji dan daunnya. Secara khusus, mereka memiliki efek antikanker, melindungi dari penyakit Alzheimer, dan mencegah kerusakan hati.

2. Menghilangkan Jerawat

Kamu dapat mengurangi sebum berlebih penyebab jerawat dengan mengonsumsi ekstrak teratai dalam minuman teh hijau. Banyak zat antioksidan sinergis yang terkandung dalam teh hijau dan teratai.

Dalam sebuah penelitian, baik monoterapi (teh hijau saja) atau terapi kombinasi (teh hijau dan teratai), produksi sebum dapat terus menurun secara signifikan dalam 60 hari penggunaan teh hijau teratai.

Namun, kamu tetap harus merawat kebersihan wajah, seperti menggunakan obat jerawat, rajin mencuci muka, dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Dengan begitu, manfaat bunga teratai dapat bekerja secara maksimal.

3. Mengatasi Peradangan

Senyawa dalam teratai memiliki sifat anti-peradangan. Peradangan kronis dapat terjadi akibat infeksi jangka panjang, paparan zat berbahaya, pola makan yang buruk, merokok, dan kurang olahraga. Seiring berjalannya waktu, peradangan dapat merusak jaringan dan berkontribusi pada penyakit seperti penyumbatan arteri dan penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Proses inflamasi dalam tubuh melibatkan sel makrofag. Makrofag mengeluarkan sitokin pro-inflamasi, yang merupakan protein kecil yang menandakan respons imun. Senyawa anti-peradangan dalam bunga teratai dapat mengatasi kondisi ini.

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin A yang sering terdapat pada bunga teratai baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Efek antioksidan vitamin A dapat membantu penyembuhan luka. Manfaat bunga teratai untuk kecantikan dan kesehatan kulit telah terjamin. Konsentrasi antioksidannya dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari dan melawan radikal bebas.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.