Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat, Ini Pertolongan Pertama jika Anak Keracunan Ciki Ngebul yang Penting Diketahui

Catat Ini Pertolongan Pertama jika Anak Keracunan Ciki Ngebul yang Penting Diketahui

Ilustrasi

Murianews, Kudus – Ciki ngebul alias ice smoke saat ini tengah menjadi sorotan dari berbagai pihak. Bahkan, pemberitaan ciki ngebul juga viral di sejumlah media maupun media sosial.

Dari pemberitaan media, jajanan ciki ngebul yang digemari anak-anak ini dianggap berbahaya. Hal ini menyusul adanya beberapa kasus keracunan di sejumlah daerah yang diduga akibat mengonsumsi makanan ini.

Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan konsumen untuk tidak mengonsumsi produk jajanan siap saji bernama ciki ngebul (cikbul). Sebab, produk jajan tersebut berbahaya.

Baca juga: DKK Kudus Sosialisasikan Bahaya Ciki Ngebul ke Sekolah

Imbauan tersebut disampaikan dalam Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023. Yakni tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji. Surat tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya keracunan pangan.

Melansir dari Halodoc, Rabu (18/1/2023), masalah tersebut disebabkan oleh penggunaan nitrogen cair dengan titik beku maksimal pada ciki ngebul. Padahal, nitrogen cair yang tidak memenuhi standar food grade dan tidak ditangani dengan benar, tidak dapat dikonsumsi.

Nah mengingat fenomena ini tengah ramai, penting untuk meningkatkan kesadaran terhadap konsumsinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengetahui pertolongan pertama yang dapat dilakukan.

Khususnya jika ada orang di sekitarmu yang mengonsumsi ciki ngebul dan mengalami berbagai masalah kesehatan setelahnya. Pertolongan pertama ini tentunya dapat dilakukan sebelum korban mendapatkan pertolongan medis di rumah sakit.

Mengapa Pertolongan Pertama perlu Dilakukan?

Nitrogen cair yang digunakan untuk makanan harus sesuai standar food grade. Suhu penyimpanan ada di 50 hingga 52 derajat. Para pedagang juga seharusnya mengenakan pakaian tertutup hingga APD saat menangani nitrogen cair untuk ciki ngebul ini.

Berikut adalah beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan:

1. Rendam dengan Air Hangat

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan merendam kulit dengan air hangat. Hal ini dapat dilakukan apabila nitrogen cair dari ciki ngebul mengenai kulit. Penting untuk melakukannya agar kulit tidak melepuh atau terbakar akibat suhu nitrogen cair yang terlampau dingin. Pastikan juga anak segera berhenti mengonsumsi ciki ngebul setelahnya.

2. Berikan Minum Air Putih

Pertolongan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan minum air putih kepada anak yang mengalami keracunan nitrogen. Namun, penting bagi orang tua untuk tidak memberikan susu. Sebab, susu dapat menyebabkan tekanan pada lambung.

3. Jangan Paksa Anak untuk Muntah

Penting untuk tidak memaksakan anak yang keracunan akibat ciki ngebul untuk memuntahkan makanan tersebut. Sebab, hal ini dapat membahayakan kondisi anak. Sebaiknya tunggu bantuan paramedis atau segeralah bawa anak ke Unit Gawat Darurat di rumah sakit terdekat.

Itulah pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada keracunan ciki ngebul.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.