Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bus Ziarah Berpenumpang 50 Orang Asal Jepara Kecelakaan di Magelang, Sopir Terjepit

Tim SAR mengevakuasi sopir bus yang mengalami kecelakaan di Magelang. (Tim SAR Semarang)

Murianews, Magelang – Sebuah bus rombongan peziarah berpenunmpang 50 orang asal Jepara mengalami kecelakaan di jalan raya Desa Kedungdowo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Rabu (18/1/2023). Akibat kecelakaan tersebut, sopir terjepit dan harus dievakuasi Tim SAR.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, sopir nahas tersebut diketahui bernama Ari Siswanto (40), warga Desa Banjaran RT 5 RW 5, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara.

”Kecelakaan tersebut terjadi lantaran bus menabrak mobil di depannya. Sopir bus akhirnya terjepit dan harus dievakuasi Tim SAR,” katanya.

Heru menjelaskan, peristiwa kecelakaan tersebut terjadi, Rabu (18/1/2023) siang sekitar pukul pukul 13.40 WIB. Awalnya bus pariwisata asal jepara tersebut baik-baik saja saat melintas di jalan raya Desa Kedungdowo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang menuju Gunungpring.

Nahas, sesampainya di lokasi, mobil di depan bus berhenti mendadak. Akibatnya, sopir tak bisa menghindar dan langsung menghantam mobil tersebut hingga bagian depan bus ringsek.

Sopir bus rombongan ziarah saat dievakuasi ke ambulans. (Tim SAR Semarang)

”Dari keterangan saksi Udin (29) kernet bus, bus menabrak mobil didepanya karena berhenti mendadak. Akibatnya sang sopir tidak bisa mengendalikan hingga terjadilah kecelakaan,” ungkapnya

Akibat benturan tersebut, sopir bus terjepit dan harus dievakuasi. Kepala Kantor SAR Semaranag yang mendapat laporan, langsung memperintahkan Kordinator Basarnas Unit Siaga Borobudur Basuki untuk memberangaktakan 1 tim rescue guna melakukan pertolongan disertai alut SAR Exstrikasi

”Sang sopir mengalami cedera pada kaki kiri terjepit pedal kopling karena benturan body bus. Proses penyelamatan berlangsung dengan memotong body dashboard dengan comby cutter untuk buka akses penyelamatan,” terangnya.

Setelah berhasil dievakuasi, korban selanjutnya dibawa ke RSUD Merah Putih untuk memberikan pertolongan. Dengan berhasinya evakuasi tersebut maka operasi SAR ditutup dan tim SAR gabungan kembalike kesatuan masing masing.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.