Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Puluhan CCTV Dishub Kudus Rusak, Segini Dana untuk Perbaikan

Ilustrasi CCTV. (Freepik)

Murianews, Kudus – Puluhan kamera closed circuit television (CCTV) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah rusak. Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus mengakui sudah memiliki anggaran untuk perbaikan di tahun ini.

Data yang dihimpun Murianews, sebanyak 22 CCTV dari total 26 CCTV milik Dishub di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mati. Sejauh ini hanya ada empat CCTV yang masih berfungsi.

Kepala Seksi Sarana Prasarana Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Nanang Ary Wibowo mengatakan, pihaknya melakukan pengadaan suku cadang untuk CCTV dan melakukan pemeliharaan di tahun 2023 ini.

”Untuk CCTV yang tersambar petir harus membeli perlengkapan suku cadangnya. Seperti antena, access point, dan wireless outdoor. Nanti kami pakai anggaran APBD 2023,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Baca: Puluhan CCTV Dishub Kudus Mati karena Petir dan Hujan

Nanang menjelaskan, di tahun ini pihaknya mengaku sudah memiliki anggaran pengadaan suku cadang. Nominalnya sebesar Rp 59.782.000. Sedangkan anggaran pemeliharaan sebesar Rp 84.500.000.

”Totalnya ada 144.282.000 dan sudah tersedia dan siap digunakan,” sambungnya.

Nanang memasang target di bulan Maret atau April saat Lebaran sebanyak 26 CCTV tersebut dapat aktif kembali. Sehingga kepadatan arus lalu lintas dapat terpantau.

”Saat ini masih proses pengadaan suku cadang. Kemungkinan bulan Februari nanti baru tersedia. Kemudian di bulan Maret mulai melakukan pengerjaan. Pemeliharaan juga kami mulai di bulan Maret,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.