Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

UMKU Wisuda 816 Mahasiswa

Prosesi wisuda UMKU. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Sebanyak 816 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) diwisuda, Rabu (18/1/2023). Ratusan mahasiswa yang mengikuti wisuda di Gedung Crystal Building UMKU itu, berasal dari program diploma, sarjana, hingga profesi.

Rektor UMKU Dr Rusnoto mengatakan, wisuda kali ini merupakan momen spesial di mana pertama kalinya setelah pandemi prosesi wisuda diadakan dengan bertatap muka langsung. Apalagi, prosesi wisuda kali ini digelar di gedung baru yang dimiliki UMKU.

”Para wisudawan telah lulus uji kompetensi dengan nilai yang baik, dan sudah memiliki penomoran ijazah nasional. Kali ini ada 816 wisudawan yang mengikuti acara di gedung baru kami,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Wisuda bukanlah titik pemberhentian, namun juga untuk mengembangkan diri baik dalam melanjutkan ke jenjang lebih tinggi ataupun pada karir.

Para wisudawan juga diberi pesan untuk menjadi alumni yang memiliki pola pikir yang selalu tumbuh. Selain itu, kemampuan yang dimiliki juga harus terus dikembangkan.

”Pasca pandemi mengubah cara berpikir untuk pandai membaca peluang, di era disrupsi ini persaingan pasar kerja semakin ketat, oleh karena itu para wisudawan tidak bisa hanya berpikir untuk mencari pekerjaan, tapi juga untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Baca: Banjir Kudus Surut, Sekolah Kembali Buka Pembelajaran Tatap Muka

Terlebih, di era disrupsi, teknologi, dan era berbasis cyber physical system juga berpotensi akan mengurangi penggunaan tenaga manusia.

”Ini merupakan tantangan baru bagi para alumni perguruan tinggi. Dan saya percaya dengan growth mindset pola pikir yang membuat alumni selalu mengembangkan diri dan memiliki berbagai keterampilan baru, dan mengambil peran dalam mewujudkan masa depan untuk pribadi, umat, ataupun bangsa,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.