Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Komponen Motor yang Harus Diganti Rutin agar Performa Kendaraan Selalu Prima

Ini Komponen Motor yang Harus Diganti Rutin agar Performa Kendaraan Selalu Prima

Foto: Ilustrasi (astramotor.co.id)

Murianews, Kudus – Semua pemilik motor pasti menginginkan kendaraannya selalu terjaga performanya. Dengan kondisi yang prima maka kendaraan bisa dipakai setiap saat tanpa ada kendala.

Agar kendaraan selalu prima maka perawatan rutin adalah salah satu kuncinya. Motor yang rutin dirawat sesuai petunjuk pemakaian maka dipastikan akan selalu terjaga kondisinya dan demikian sebaliknya.

Di samping itu, ada beberapa komponen yang perlu diganti secara rutin karena sudah berkurang kinerjanya seiring lamanya pemakaian kendaraan. Penggantian komponen ini di sisi lain juga akan berdampak pada keselamatan pengendara.

Baca juga: Parkir Mobil Matik di Tanjakan? Begini Caranya agar Kendaraan Aman

Lantas komponen apa yang harus diganti rutin? Berikut daftarnya, dilansir dari Federaloil, Selasa (17/1/2023).

1. Ban

Ban merupakan salah satu komponen yang wajib diganti secara berkala, apalagi jika ban sudah terlihat botak.

Selain mempengaruhi handling, ban botak juga bisa menyebabkan kecelakaan karena tidak adanya traksi dari aspal sehingga mudah untuk ngesot dan licin ketika digunakan.

2. Busi

Busi merupakan salah satu komponen wajib bagi setiap sepeda motor, karena merupakan komponen utama pengapian untuk melakukan pembakaran di ruang mesin.

Busi juga merupakan komponen vital, maka itu pabrikan motor biasanya menyarankan untuk melakukan penggantian busi setiap 20.000 km sampai 50.000 km agar tetap optimal.

3. Vanbelt

Vanbelt merupakan salah satu bagian paling penting yang ada di motor matik, karena berfungsi menggerakkan bagian-bagian dalam CVT agar motor matikmu tetap nyaman digunakan.

Kerusakan di bagian vanbelt juga bisa membuat berkendara tidak nyaman lho. Suara yang muncul serta tarikan motor yang aneh bisa membuat berkendara tidak maksimal. Baiknya lakukan penggantian vanbelt motor setiap 25.000 kilometer sekali ya.

4. Aki

Komponen ini berperan untuk mengatur kelistrikan yang ada di motor matic, maka itu wajib hukumnya untuk rutin mengecek serta mengganti aki yang sudah rusak agar beban listrik di motor tetap terjaga.

Karena, jika tidak dirawat maupun tidak diganti secara rutin, motor pasti akan bermasalah di bagian kelistrikannya.

5. Lampu

Komponen ini tampaknya sepele dan jarang diperhatikan, namun lampu juga menjadi salah satu komponen penting yang harus selalu dicek serta diganti secara rutin jika ada kerusakan.

Apalagi saat ini lampu motor diwajibkan untuk selalu menyala baik di siang hari maupun malam hari, maka pengecekan serta penggantian rutin tampaknya harus selalu dilakukan.

6. Kampas Rem

Sektor pengereman juga memiliki komponen fast moving yang wajib selalu diganti, yakni kampas rem. Bagian ini merupakan salah satu bagian penting dalam berkendara, karena jika pengereman gagal dilakukan, keselamatan kita sebagai pengendara juga terancam.

Baiknya ganti kampas rem jika pengereman sudah tidak maksimal serta mulai muncul bunyi-bunyi aneh di sektor pengereman.

7. Filter

Meskipun tempatnya tersembunyi, namun kegunaan filter-filter yang terdapat di motor matic juga ternyata penting lho.

Filter oli, filter udara serta filter bensin ini wajib dilakukan penggantian sesuai rekomendasi pabrikan agar motor tetap nyaman digunakan.

8. Oli

Jangan lupakan oli mesin dan oli gardan di motor matik, karena ini merupakan komponen paling penting sebagai pelumasan di ruang mesin. Tidak hanya itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin sepeda motor.

Pilih oli dengan kekentalan yang paling sesuai dengan spesifikasi motor dan lakukan setiap 2.000 kilometer agar performa tetap terjaga.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.