Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Seleksi PPPK Pemkab Kudus, untuk Guru Sabar Dulu

Ilustrasi: Pembukaan orientasi pegawai PPPK Pemkab Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Proses seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah kini tengah berproses. Untuk lowongan di bidang tenaga Kesehatan (nakes) sudah diumumkan, sementara untuk teknis tengah masih dalam masa sanggah.

Kemudian untuk seleksi tenaga guru, Pemkab Kudus berharap para calon pegawai bersabar. Pasalnya belum ada instruksi lanjutan dari pemerintah pusat terkait pengangkatan langsung guru lolos passing grade 2021.

”Masih terus jalan, yang nakes kan kemarin sudah pengumuman hasilnya, yang teknis kini masuk masa sanggah. Nah yang guru ini kami harapkan sabar dulu karena dari pusat belum mengeluarkan instruksi lanjutan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Putut Winarno, Selasa (17/1/2023).

Putut merincikan, untuk rekrutmen tenaga kesehatan, dari 88 lowongan yang dibuka, ada sebelas lowongan yang kosong tak terisi.

Baca: Seleksi PPPK Pemkab Kudus 2023, Lowongan Nakes Diperbanyak

Kemudian untuk tenaga teknis, dari 15 formasi yang disediakan, ada sebanyak 415 pelamar yang mendaftar. Kemudian yang dinyatakan lolos adalah sebanyak 137 pelamar.

”Namun untuk ini masih masa sanggah berkas, jadi dimungkinkan masih akan bertambah untuk jumlah pelamar yang akan mengikuti tes berbasis computer CAT,” ungkapnya.

Sementara untuk lowongan guru, pada tahun 2022 sendiri, Pemkab Kudus membuka sebanyak 411 formasi. Hanya, lowongan tersebut diprioritaskan diisi oleh sejumlah golongan.

Baca: Bupati Kudus Minta Tenaga PPPK jadi ASN Berakhlak

Adapun golongan-golongan tersebut berasal dari pelamar PPPK prioritas pertama. Yakni eks tenaga honorer K II, guru non ASN, lulusan PPG, serta guru swasta.

Yang mana, mereka semua telah mengikuti seleksi PPPK jabatan guru tingkat Sekolah Dasar (SD) ataupun sekolah Menengah Pertama (SMP) di tahun 2021 kemarin dan dinyatakan lolos passing grade.

”Dan ini sudah terplot, tapi ya seperti kami bilang tadi, kami harapkan teman-teman bisa bersabar karena belum ada arahan lanjutan soal rekrutmennya,” pungkasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.