Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info NTT

Modus Baru, Klik Undangan Pernikahan di WhatsApp Berujung Uang Hilang

Modus Baru Klik Undangan Pernikahan di WhatsApp Berujung Uang Hilang

Ilustrasi pencurian Via Handphone (Freepik)

Murianews, Kupang – Penipuan dengan modus yang beragam, kini telah menghantui para pengguna aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp. Terbaru, seorang bernama Derasmus Kenlopo kehilangan uangnya setelah mengklik undangan pernikahan yang diterimanya dari pesan singkat WhatsApp.

Derasmus adalah warga Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dia bercerita, pada Selasa (10/1/2023) lalu, dirinya mendapatkan undangan pernikahan melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp. Dalam undangan itu tertera alamat link yang kemudian diklik oleh Derasmus.

Baca: Viral Aksi Pencurian Konter HP di Gubug Grobogan

Setelah diklik, yang muncul di layar ponsel bukan undangan pernikahan, melainkan data dirinya sendiri.

Beberapa saat kemudian, muncul pemberitahuan melalui aplikasi bank miliknya bahwa telah terjadi transaksi ke rekening lain.

Mengetahui hal itu, Derasmus mencoba masuk ke aplikasi tersebut, tetapi tidak bisa diakses karena kata sandi telah diganti orang tak dikenal.

”Saya langsung bergerak menuju ATM di jalan Naimata, Kecamatan Maulafa untuk cek melalui ATM. Saya kaget, karena uang hanya tersisa Rp 25.000. Padahal saya ada simpan Rp 14 juta,” ungkapnya, mengutip dari Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Setelah uangnya hilang, Derasmus mendatangi Markas Kepolisian Resor Kupang Kota, untuk melaporkan kejadian itu.

Baca: Bobol ATM Teman Sekantor, Warga Solo Diringkus Polisi Sukoharjo

Kapolres Kupang AKBP Rishian Krisna, membenarkan adanya laporan warga yang kehilangan uangnya tersebut. Saat ini, kasusnya masih dilakukan pendalaman.

”Kasusnya masih didalami,” kata Krisna singkat.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.