Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 17 Januari, Ini Daftarnya

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 17 Januari Ini Daftarnya

Foto: Ilustrasi gempa bumi (pixabay.com)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 17 Januari dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah terjadinya gempa bumi sebesar 7,2 SR terjadi dekat Kobe, Jepang atau Gempa Bumi Besar Hanshin di tahun 1995. Gempa Bumi besar Hanshin atau disebut juga dengan Gempa Kobe adalah gempa bumi yang terjadi di Jepang pada tanggal 17 Januari 1995 pukul 5:46:42 pagi dengan episentrum di sebelah utara Pulau Awaji yang terletak di bagian selatan Prefektur Hyogo.

Gempa bumi disebabkan oleh tiga buah lempeng: lempeng Filipina, lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia yang saling bertabrakan. Gempa Bumi yang berlangsung selama 20 detik ini mengakibatkan kerusakan besar kota Kobe yang terletak sekitar 20 km dari pusat gempa.

Baca juga: Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 16 Januari, Ini Daftarnya

Gempa bumi memakan korban jiwa sebanyak 6.433 orang yang sebagian besar merupakan penduduk kota Kobe. Gempa Bumi besar Hanshin-Awaji merupakan gempa bumi terburuk di Jepang sejak Gempa Bumi besar Kanto 1923 yang menelan korban jiwa 140.000 orang.

Gempa Bumi besar Hanshin-Awaji menimbulkan korban jiwa dan kerusakan dalam skala besar di daerah Hanshin (Kobe, Ashiya, Nishinomiya, Takarazuka, Amagasaki, Itami), pulau Awaji, dan kota Toyonaka yang terletak di Prefektur Osaka.

Gempa bumi berkekuatan sampai 7,2 pada skala Richter di beberapa tempat di daerah Hanshin dan pulau Awaji. Getaran juga masih dapat diukur di Iwaza (Prefektur Fukushima) yang terletak di Jepang bagian utara, serta Kagoshima dan Nagasaki yang terletak Jepang bagian barat.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 17 Januari, seperti dilansir dari Wikipedia:

38 SM

Octavius Caesar Augustus menceraikan istrinya Scribonia dan menikahi Livia Drusilla, mengakhiri perdamaian yang rapuh antara Triumvirat Kedua dengan Sextus Pompeius.

395

Dengan meninggalnya Kaisar Theodosius I, Kekaisaran Romawi secara permanen terbagi menjadi Kekaisaran Romawi Timur di bawah Arcadius, dan Kekaisaran Romawi Barat di bawah Honorius.

1287

Raja Alfonso III dari Aragon menginvasi Minorca.

1377

Paus Gregorius XI mengembalikan Kepausan ke Roma dari Avignon.

1524

Giovanni da Verrazzano berlayar ke arah barat dari Madeira untuk mencari jalur pelayaran menuju Samudra Pasifik.

1562

Prancis mengakui Huguenot dengan dekret Saint-Germain.

1595

Raja Henry IV dari Prancis menyatakan perang kepada Spanyol.

1608

Kaisar Susenyos I dari Ethiopia mengejutkan pasukan Oromo di Ebenat; dilaporkan 12,000 prajurit Oromo tewas, sementara pasukan Susenyos kehilangan 400 prajurit.

1648

Parlemen Inggris meluluskan “Vote of No Addresses”, memutuskan negosiasi dengan Raja Charles I dan selanjutnya menjadi latar belakang fase kedua dari Perang Saudara Inggris.

1773

Kapten James Cook memulai ekspedisi pertamanya berlayar ke selatan menuju Lingkar Antarktika.

1781

Perang Revolusi Amerika:Pertempuran Cowpens: Pasukan kontinental di bawah BrigadirJenderal Daniel Morgan mengalahkan pasuka Inggris di bawah Letnan Kolonel Banastre Tarleton di Carolina Selatan.

1799

Patriot Malta Dun Mikiel Xerri, bersama sejumlah patriot lainnya, dihukum mati.

1811

Perang Kemerdekaan Meksiko: dalam Pertempuran Calderón Bridge, pasukan Spanyol yang kalah jumlah (hanya 6000 serdadu) berhasil mengalahkan pasukan revolusioner Meksiko yang lebih banyak (hampir 100,000 serdadu).

1852

Kerajaan Britania Raya mengakui kemerdekaan koloni bangsa Boer di Transvaal (sekarang provinsi di Afrika Selatan).

1873

Sekelompok prajurit suku Indian Modoc mengalahkan pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat dalam First Battle of the Stronghold, bagian dari Perang Modoc.

1885

Pasukan Inggris mengalahkan Darwis (Fakir Sufi) yang besar dalam Pertempuran Abu Klea di Sudan.

1893

Lorrin A. Thurston, bersama Komite Warga untuk Keselamatan Publik (Citizens’ Committee of Public Safety) dan Angkatan Laut AS menggulingkan Ratu Lili’uokalani dari Kerajaan Hawai’i.

1899

Amerika Serikat menguasai Pulau Wake di Samudra Pasifik.

1906

Kapal udara LZ-2 diterbangkan.

Baca juga: Catat! Ini Gerakan Senam yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

1912

Kapten Robert Falcon Scott mencapai Kutub Selatan, satu bulan setelah kedatangan Roald Amundsen.

1913

Raymond Poincaré terpilih sebagai Presiden Prancis.

1915

Perang Dunia I: Kekaisaran Rusia mengalahkan Turki Ottoman dalam Pertempuran Sarikamish selama Kampanye Kaukasus.

1917

Amerika Serikat membeli Kepulauan Virgin dari Denmark seharga US$25 juta.

1918

Perang Saudara Finlandia: Pertempuran serius pertama berlangsung antara Pengawal Merah dan Pengawal Putih.

1929

Inayatullah Khan, raja Emirat Afghanistan turun tahta setelah berkuasa hanya selama 3 hari.

1929

Popeye, tokoh kartun ciptaan Elzie Crisler Segar, tampil untuk pertama kalinya dalam strip komik koran.

1941

Perang Prancis-Thailand: Pasukan Prancis menimbulkan kekalahan yang menentukan atas Angkatan Laut Kerajaan Thailand.

1943

Perang DUnia II: Kapal Selam Yunani Papanikolis menangkap kapal layar berbobot mati 200 ton Agios Stefanos dan mempertahankan sebagian awak kapal tersebut untuk mengawakinya.

1944

Perang Dunia II: Sekutu melancarkan serangan pertama dari 4 serangan atas Monte Cassino dengan tujuan menerobos Winter Line dan merebut Roma, upaya yang akan menghabiskan waktu 4 bulan dan korban 105,000 tentara Sekutu.

1945

Perang Dunia II: Tentara Merah Uni Soviet merebut Warsawa, Polandia yang hampir seluruhnya hancur.

1945

Perang Dunia II: Nazi Jerman mulai mengevakuasi kamp konsentrasi Auschwitz karena Tentara Merah Uni Soviet semakin mendekat.

1945

Diplomat Swedia Raoul Wallenberg ditangkap oleh Uni Soviet ketika sedang berada di Hungaria; ia tak pernah tampil di depan publik lagi.

1946

Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan pertamanya di Church House di London, Inggris.

1948

Perjanjian Renville ditandatangani oleh pihak Belanda dan Indonesia.

1950

The Great Brink’s Robbery: 11 orang mencuri lebih dari US$2 juta dari sebuah kantor perusahaan kendaraan berlapis baja di Boston, Amerika Serikat.

1961

Presiden AS Dwight D. Eisenhower menyampaikan pidato perpisahan di televisi 3 hari sebelum menyelesaikan masa jabatan kepresidenannya, di mana ia memperingatkan akan akumulasi kekuasaan oleh industri militer dan bahaya pembelanjaan anggaran besar-besaran, terutama pengeluaran yang defisit.

1961

Mantan PM Kongo Patrice Lumumba dibunuh karena menyarankan dukungan dan keterlibatan pemerintah Belgia dan Amerika Serikat.

1966

Kecelakaan Palomares: Sebuah pesawat pembom B-52 bertabrakan di udara dengan sebuah pesawat tanker KC-135 Stratotanker di atas Spanyol, menewaskan 7 orang awak, dan menjatuhkan 3 bom nuklir berkekuatan 70-kiloton di dekat kota Palomares del Rio sementara 1 bom lainnya jatuh ke laut.

1969

Anggota Partai Black Panther Bunchy Carter dan John Huggins dibunuh di tengah pertemuan di Campbell Hall di kampus UCLA, Amerika Serikat.

1973

Ferdinand Marcos menobatkan diri menjadi presiden seumur hidup Filipina.

1973

Hari lahirnya Ari Lasso, penyanyi dan mantan anggota grup musik Dewa 19.

1982

”Cold Sunday”, di sejumlah kota di Amerika Serikat, suhu turun hingga tingkat terendah dalam 100 tahun terakhir.

1991

Perang Teluk I: Operasi Badai Gurun (Operation Desert Storm) dilancarkan pada dini hari. Iraq menembakkan 8 peluru kendali Scud ke Israel dalam upaya yang sia-sia untuk memprovokasi reaksi Israel.

Baca juga: Sejarah Hari Layang-Layang Internasional yang Diperingati Tiap 14 Januari

1991

Harald V dinobatkan menjadi Raja Norwegia, menggantikan ayahnya, Olav V, yang meninggal dunia.

1992

Dalam kunjungan ke Korea Selatan, PM Jepang Kiichi Miyazawa meminta maaf atas kebijakan Jepang yang memaksa perempuan Korea untuk menjadi budak seks selama Perang Dunia II.

1994

Gempa bumi Northidge: Gempa bumi berkekuatan 6,7 SR terjadi di Norhidge, California, Amerika Serikat.

1995

Gempa bumi Besar Hanshin: Gempa bumi sebesar 7,2 SR terjadi dekat Kobe, Jepang, menewaskan lebih dari 6.000 jiwa dan menyebabkan kerusakan harta melebihi US$100 miliar.

1996

Republik Ceko melamar menjadi anggota Uni Eropa.

1997

Pangkalan AU Cape Canaveral: Roket Delta II yang membawa satelit GPS2R meledak 13 detik setelah peluncuran, menjatuhkan puing-puing roket yang terbakar seberat 250 ton di sekitar lokasi peluncuran.

1998

Skandal Lewinsky: Matt Drudge membeberkan kisah perselingkuhan antara Bill Clinton dan Monica Lewinsky di situsnya Drudge Report.

2002

Gunung Nyiragongo di Republik Demokratik Kongo meletus dan menyebabkan sekitar 400,000 warga mengungsi.

2007

Jam Kiamat (The Doomsday Clock) diaktifkan 5 menit menjelang tengah malam untuk meresponse pengujian nuklir Korea Utara.

2008

Pesawat Boeing 777 British Airways Penerbangan 38 jatuh di dekat Bandara Heathrow, London tanpa korban jiwa. Ini adalah kecelakaan total yang pertama kali dialami pesawat tipe Boeing 777.

2010

Kerusuhan terjadi antara Muslim dan Kristen di Jos, Nigeria, dan mengakibatkan sekurangnya 200 orang tewas.

2013

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menetapkan tanggap darurat untuk wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta karena banjir selama 10 hari, hingga tanggal 27 Januari 2013.

2020

Meninggalnya Ade Irawan, aktris Indonesia (l.1937).

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wikipedia.org

Ruangan komen telah ditutup.