Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sate Kere Beringharjo, Kuliner Unik yang Wajib Dicoba saat Dolan ke Jogja

Sate Kere Beringharjo Kuliner Unik yang Wajib Dicoba saat Dolan ke Jogja

Foto: Sate Kere Beringharjo (tempo.co/Pribadi Wicaksono)

Murianews, Yogyakarta – Jalan-jalan di Jogja tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Ada banyak kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.

Kuliner paling terkenal sudah pasti nasi gudeg yang legendaris.Namun, masih ada kuliner lainnya yang perlu dicoba. Salah satunya adalah Sate Kere Beringharjo yang wajib dicoba saat dolan ke Jogja.

Sate merupakan salah satu kuliner yang banyak ditemui di indonesia. Umumnya, sate berbahan dari daging, baik ayam, kambing, sapi atau kerbau. Sedangkan sate kere berbahan dasar jeroan sapi, khususnya bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging.

Baca juga: Mencicipi Yamie Pangsit Pathuk, Kuliner Favorit di Jogja yang Rasanya Maknyus

Sejarah Singkat Sate Kere

Melansir dari laman Visitingjogja, Senin (16/1/2023), dahulu sate kere diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu membeli daging. Namanya yang unik diambil dari bahasa jawa, memiliki arti miskin atau tidak puya uang.

Tapi, walaupun namanya mengandung arti yang demikian, namun sate kere kini tidak hanya diburu oleh warga kalangan miskin saja, melainkan semua kalangan termasuk wisatawan.

Info Sate Kere Beringharjo

Sate Kere Beringharjo menjadi salah satu kuliner favorit warga lokal dan wisatawan di jogja. Dinamakan Sate Kere Beringharjo karena para pedagang menjual di sekitar Pasar Beringharjo yang hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Pasar yang merupakan ikon pilar Catur Tunggal yaitu keraton, alun-alun, dan pasar itu sendiri menjadikan pasar tersebut ramai pengunjung. Sehingga sate kere disana juga telah banyak dikenal.

Sate yang dipanggang oleh para pedagang membuat kepulan asap dengan aroma khas dari sate kere tersebut tercium sedap oleh wisatawan maupun warga lokal yang lewat di sana. Setiap pedagang memiliki kreativitasnya masing-masing, banyak yang kemudian menjual sate kere ini dengan menu yang bervarian. selain sate kere original, biasanya pedagang memiliki varian bumbu, seperti bumbu kecap dan bumbu kacang yang sangat lezat..

Bagi anda yang tidak suka makan jeroan, tenang saja karena banyak penjual yang juga menyediakan sate kere dengan daging sapi. Jadi anda masih bisa menikmati Sate Kere Beringharjo tersebut.

Untuk harga dari sate kere Beringharjo ini mulai dari Rp 3.000 hingga Rp.5.000 per tusuk dengan ukuran sate yang cukup besar setiap tusuk nya.

Bagaimana? menarik untuk dicoba bukan?

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.