Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pendingin Mobil Kesayangan

Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pendingin Mobil Kesayangan

Foto: Ilustrasi (freepik.com)

Murianews, Kudus – Semua jenis mobil memiliki sistem pendingin mobil yang akan bekerja ketika mesin mobil telah mencapai suhu tertentu. Sistem ini terdiri komponen yang fungsinya menjaga suhu pada mesin mobil tetap normal.

Sistem pendingin mobil adalah bagian penting yang bisa menunjang keamanan dan keselamatan berkendara. Oleh sebab itu, perawatannya juga mesti diperhatikan agar fungsinya selalu terjaga.

Sistem pendingin sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti radiator, pompa air, thermostat, kipas radiator yang juga mempengaruhi fungsi ac mobil, tabung reservoir, selang radiator hingga tangki cadangan radiator.

Baca juga: Mengatur Suhu AC Mobil saat Berkendara di Malam Hari Penting Dilakukan, Ini Alasannya

Melansir dari laman Suzuki, Senin (16/1/2023), berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sistem pendingin pada mobil.

Periksa Filter Udara

Filter udara memiliki peran yang cukup besar terhadap sistem pendingin mobil. Seperti namanya, komponen ini berfungsi menyaring udara bersih ke sistem pembakaran. Jika filter sudah sangat kotor, tentunya kualitas udara yang masuk ke dalam mobil juga jadi menurun.

Udara yang kotor ini tak hanya mengurangi performa sistem pendingin, tapi juga bisa menyebabkan mobil jadi boros bahan bakar. Lakukan pembersihan filter udara secara berkala, apalagi ketika masuk musim penghujan seperti saat ini. Sebab saat musim hujan filter udara cenderung berisiko tersumbat dengan puing-puing yang lebih besar.

Parkir Mobil di Tempat Teduh

Meski terdengar sepele, namun hal sederhana seperti menyimpan atau memarkir mobil di tempat yang tak terkena paparan matahari langsung juga mempengaruhi kinerja sistem pendingin mobil. Dengan memarkir mobil di tempat teduh seperti garasi bisa membantu mengurangi beban kerja sistem pendingin secara ekstim.

Cek Cairan Radiator

Sebagai salah satu komponen penting pada sistem pendingin mobil, radiator perlu cairan pendingin dalam level sesuai indikator dan berkualitas baik. Cairan pendingin inilah yang akan membantu memaksimalkan kinerja radiator dalam mendinginkan mesin.

Pastikan Anda selalu memeriksa kuantitas dan kualitas cairan radiator setiap sebelum berkendara agar perjalanan Anda tidak mengalami kendala. Gunakan cairan yang diformulasikan khusus radiator atau coolant, hindari penggunaan air biasa pada radiator kecuali saat kondisi darurat.

Periksa AC

Salah satu indikator sistem pendingin mobil memiliki kinerja yang baik adalah AC mobil yang sehat dan dingin. Kerusakan atau kendala pada sistem pendingin, contohnya kipas radiator yang tidak berfungsi bisa mempengaruhi kinerja AC. Jadi jika Anda ingin mengetahui apakah sistem pendingin mobil Anda masih dalam kondisi prima, Anda bisa mengujinya dengan menyalakan mesin dan AC mobil saja.

Lakukan Servis Berkala

Sistem pendingin mobil memiliki komponen yang cukup rumit untuk bisa diperbaiki sendiri. Jika Anda mengalami gejala permasalahan pada mobil Anda, daripada mencari tahu sendiri lewat tutorial yang beredar di media sosial dan mencoba mengutak-atik sendiri tanpa pemahaman yang cukup terhadap komponen tersebut, lebih baik Anda membawa mobil Anda ke bengkel.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.