Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Thailand Rebut Gelar ke-7 Piala AFF

Thailand rebut gelar ke 7

Thailand rebut gelar ke-7 Piala AFF. Theerathon Bunmathan mencetak gol tunggal untuk kemenangan 1-0 Thailand atas Vietnam. (facebook.com/photo.php?fbid)

Murianews, Pathum Thani – Thailand rebut gelar ke-7 Piala AFF. Mereka meraih gelar juara Piala AFF 2023, setelah di final leg ke-2 yang berlangsung di Stadion Thamasat, Senin (16/1/2023) menang 1-0 atas Vietnam

Gol tunggal Thailand diciptakan oleh Theraton Bunmathan pada menit ke-24. Kemenangan ini secara agregat membuat Thailand unggul 3-2 atas Vietnam di Final Piala AFF 2023.

Pada pertandingan leg pertama yang berlangsung di My Dinh Stadium, di Hanoi, kedua tim bermain imbang 2-2. Dengan demikian Thailand berhasil merengkuh gelar juara ke-7 Piala AFF.

Gelar juara Piala AFF 2023 ini juga menjadi luar biasa bagi Thailand. Sebab mereka secara beruntun berhasil meraih gelar juara di tiga kali turnamen Piala AFF.

Pada pertandingan final leg 2, Thailand pada awal pertandingan langsung mencoba mengambil inisiatif menyerang. Dengan permainan bertenaga, mereka mencoba untuk mengimbangi permainan cepat Vietnam.

Apalagi setelah tertinggal 0-1, Vietnam mencoba melampiaskan semua kekuatannya untuk mengejar gol. Namun para pemain Thailand terlihat benar-benar mampu mengendalikan permainan meski justru Vietnam yang lebih banyak menguasai bola.

Memasuki babak kedua, Vietnam semakin bernafsu untuk bisa membalas gol. Sebaliknya Thailand melayaninya dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka sesekali mendapatkan peluang berbahaya melalui serangan balik cepat.

Pertahanan Vietnam beberapa kali terancam, karena pemainnya banyak yang naik menyerang. Beruntung, gawang Vietnam tidak kembali kebobolan dalam serangan balik ini.

Theeraton Bunmathan.(facebook.com/affmitsubishielectriccup)

Memasuki menit-menit akhir, Vietnam masih terus berupaya keras. Namun para pemain Thailand sepertinya sudah sangat yakin mereka akan merebut gelar juara.

Hasil imbang 1-1 pun, sebenarnya masih cukup bagi Thailand untuk mengangkat tropi Piala AFF 2023. Sebab di pertandingan leg pertama mereka mampu bermain imbang 2-2 di kandang Vietnam.

Memasuki menit akhir waktu tambahan, pemain Thailand Peeradon Chamratsamee mendapatkan kartu kuning kedua. Sehingga pemain ini diganjar kartu merah dan keluar lapangan.

BACA JUGA: Mano Polking Ingin Thailand Hancurkan Indonesia

Namun situasi ini sudah tidak membantu Vietnam yang sudah kehabisan waktu. Mereka akhirnya harus mengakui keunggulan Thailand di final leg ke-2 Piala AFF 2023 ini.

Kekalahan ini bagi Vietnam menjadi kekecewaan besar di tengah ambisi mereka menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Mereka kembali gagal di Piala AFF. Sebelumnya mereka juga dikalahkan Thailand di semifinal.

Bagi pelatih Vietnam, Park Hang seo, hasil ini juga menjadi sangat pahit. Pelatih asal Korea Selatan ini harus mengakhiri kebersamaannya dengan Timnas Vietnam dengan kegagalan. Park Hang seo usai Piala AFF 2023 mundur dari jabatannya.

 

Penulis: Budi Santoso
Editor: Budi Santoso

Ruangan komen telah ditutup.