Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

STY: ‘Kami Menendang Diri Sendiri’

STY

Shin Tae yong, pelatih Timnas Indonesia. (pssi)

Murianews, Seoul – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk sementara waktu kembali ke Korea Selatan. Di kampung halamannya, pelatih ini masih tetap mendapat perhatian dari media lokal setempat.

Naver.com, salah satu media Korea Selatan, secara panjang lebar berhasil mewancarainya, terkait Timnas Indonesia. Shin Tae-yong dimintai penjelasan mengenai kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan sangat kecewa dengan apa yang terjadi. Di semifinal melawan Vietnam, timnya kalah agregat 0-2 dan tersingkir dari turnamen Piala AFF 2023.

“Sejujurnya, saya sangat kecewa dengan hasil dan situasi ini. Saya akan mengatakannya lagi, tetapi pelatih adalah orang yang bertanggung jawab, jadi saya tidak berusaha menghindarinya,” kata Shin Tae-yong dilansir dari Naver.com.

STY, demikian akronim namanya yang sering disebut di Indonesia, menilai para pemainnya tampil baik. Meski demikian mereka memang bisa dikatakan gagal karena kesalahan sendiri.

“Di Piala AFF 2022 ini, kami ‘menendang diri sendiri’. Performanya sendiri tidak buruk. Kecuali untuk leg kedua semifinal melawan Vietnam. Tak banyak diketahui, Liga Indonesia sempat ditangguhkan selama kurang lebih dua setengah bulan. Memang menyakitkan memikirkan hal itu, tetapi dalam hal performa, sulit bagi para pemain untuk mempertahankan sense of the game,” kata STY.

Selebihnya, STY juga menyatakan, persiapan timnya ke Piala AFF bisa dikatakan tanpa reaksi sama sekali. Tanpa satu pun pertandingan persahabatan yang dijalani, para pemain dianggapnya masih bisa tampil baik.

BACA JUGA: Kiprah Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Diluar itu, dirinya menyatakan sangat menikmati dan terkesan dalam posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Hal ini tidak pernah dialami sebelumnya dalam karirnya sebagai pelatih.

“Indonesia luar biasa. Saya tidak pernah mendengar nama pelatih diteriakkan saat bermain sepak bola. Fans kami selalu meneriakkan nama saya ketika saya masuk dan keluar stadion. Mendengar suara itu membuat saya merinding,” kata Shin Tae-yong.

Dari apa yang dialaminya, dirinya memiliki keinginan untuk membalas dukungan mereka. Keinginan ini semakin tumbuh, sepanjang dirinya menangani Timnas Indonesia.

“Tidak ada penggemar seperti ini di mana pun. PSSI juga memberikan kepercayaan yang tak tergoyahkan,” tambahnya dengan nada tegas.

 

 

Budi Santoso
Editor: Budi Santoso
Sumber: Naver.com

Ruangan komen telah ditutup.