Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengenal Cap Go Meh dalam Puncak Perayaan Imlek

Ilustrasi: Barongsai menghibur warga dalam perayaan Cap Go beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Murianews, Kudus – Perayaan Imlek selalu identik dengan Cap Go Meh sebagai puncak peringatan Tahun Baru Imlek. Lalu, apa itu Cap Go Meh?

Imlek tahun 2023 ini bakal jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Sedangkan Cap Go Meh merupakan puncak dari rangkaian Imlek.

Puncak perayaan Cap Go Meh dilaksanakan setiap tanggal 15 di penanggalan China atau di tahun ini jatuh pada 5 Februari 2023.

”Cap Go Meh itu puncak perayaan Imlek. Biasanya dirayakan dengan makan bersama antarkeluarga inti maupun makan bersama keluarga besar. Kemudian saling mengucapkan Selamat Imlek,” kata Kuo Tjun, Ketua Pembina Kdlenteng Hok Hien Bio Kudus, Senin (16/1/2023).

Kuo Tjun menjelaskan, perayaan Cap Go Meh juga dilaksanakan di kelenteng. Biasanya dilakukan dengan kegiatan makan bersama dan saling mengucap Selamat Imlek.

Baca: Begini Doa Imlek Warga Tionghoa Jepara di Tahun Kelinci Air

Makanan yang disantap biasanya berupa makanan yang manis. Makanan yang tidak pernah terlewatkan yakni kue keranjang.

”Terkadang juga diperingati saling berkunjung oleh orang yang usianya lebih muda ke orang yang usianya lebih tua. Cap Go Meh itu seperti Lebaran Idulfitri bagi umat muslim,” sambungnya.

Perayaan Cap Go Meh terkadang juga dilakukan dengan kirab. Namun, untuk Kabupaten Kudus, Jawa Tengah di tahun ini tidak menggelar kirab di perayaan Cap Go Meh.

”Perayaannya hanya makan bersama saja. Ada yang makan-makan di kelenteng juga, ada juga yang makan bersama saudara di rumah,” terangnya.

Baca: Bakal Ketiban Rezeki di Tahun Kelinci Air 2023, Ini Penjelasannya

Dia berharap Imlek dengan shio kelinci air tahun ini dapat memberikan banyak kebaikan. Selain itu juga membawa kesejahteraan bagi semua umat.

”Semoga di tahun ini dapat membawa kebaikan. Perekonomian juga pilih dan membawa kesejahteraan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.